Rekrutmen Panwascam, Panwaslu Buton Sebut Tak Ada “Titipan”

SULTRAKINI.COM: BUTON – Sebanyak 43 calon anggota panitia pengawas kecamatan di Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara, tuntas melaksanakan uji kalayakan dan kepatutan atau fit and proper test di Sekretariat Panwaslu Buton. Terkait itu, Ketua Panwaslu Buton, Irfan menegaskan bahwa pihaknya tidak menerima “titipan” dalam pererkrutan panwascam.

“Kami tidak menerima titipan,” kata Irfan didampingi  Komisioner Panwaslu lainnya, Maman dan Delti saat ditemui usai melakukan fit and proper test terhadap calon panwascam.

Hal itu dikatakan, karena telah beredar isu di masyarakat bahwa dalam proses perekrutan tersebut, pihaknya menerima titipan. “Kami punya komitmen tidak menerima titipan karena sudah jelas itu melanggar kode etik dan integritas kami dipertanyakan jika hal itu terjadi,” kata pria yang membidangi Divisi Organisasi dan SDM itu.

Dijelaskan, didalam fit and proper test tersebut, pihaknya bekerja secara profesional tanpa ada intervensi dari pihak manapun. Kerena penilaian yang dilakukan sesuai dengan kemampuan dari masing-masing peserta. “Dan peserta juga tidak ada yang mengklaim bahwa dirinya adalah titipan Si A,” jelasnya.

gemilang simpeda bank sultra

Pada kesempatan itu juga, Divisi Penindakan dan Pelanggaran, Maman menambahkan bahwa salah satu yang ditekankan didalam tes wawancara yakni peserta diharuskan mengertahui dan memahami peraturan tentang kepemiluan, sebab peserta yang nantinya dinyatakan lolos bisa melakukan pengawasan sesuai dengan undang-undang yang berlaku. Termasuk memperkuat integritas peserta dan menelusuri rekam jejak mereka.

“Termasuk penguasaan wilayah, jangan sampai wilayahnya saja dia tidak kuasai, bagaimana mau maksimal pengawasannya, jadi memang banyak hal,” katanya.

Untuk diketahui, pengumuman uji kelayakan dan kepatuhan akan dilakukan pada 8 Oktober 2017. Dari semua peserta nantinya, hanya tiga orang yang dinyatakan lolos sebagai anggota panwascam di setiap kecamatan dari tujuh kecamatan yang ada di wilayah Buton. Sedangkan pelantikan terhadap mereka dilaksanakan pada 10 Oktober di ibukota Kabupaten Buton, Pasarwajo.

Laporan: La Ode Ali

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.