Rencana Tata Ruang Dua Pulau di Wakatobi Diseminarkan

SULTRAKINI.COM: WAKATOBI – Rencana penyusunan tata ruang kawasan strategis Pulau Kaledupa dan Pulau Tomia, Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara diseminarkan Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Wakatobi bersama Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Hasanuddin Makassar, Senin (11/9/2017).

Keunikan geografis Kabupaten Wakatobi menjadi pilihan dibentuknya rencana tata ruang untuk rujukan pembangunan wilayah itu. Mengingat kawasan tersebut berada di taman nasional, badan otoritas pariwisata dan Pemerintah Daerah. Dengan kata lain, Wakatobi berada di bentangan kawasan taman nasional.

“Jadi masyarakat harus memberikan saran dan masukan terkait hasil rencana tata ruang ini, karena masyarakat lebih tahu apa yang terjadi di daerahnya,” kata Sekretaris Daerah Wakatobi, Muh. Ilyas Abibu.

Upaya survei daratan dan lautan telah dilakukan tim penyusun rencana tata ruang di Pulau Kaledupa dan Pulau Tomia. Termasuk melakukan FGD di tingkatan desa, kelurahan, dan kecamatan.

“Stressing (penekanan) Pulau Kaledupa adalah sosial budaya, sedangkan Tomia adalah eko wisata,” jelas Ketua Tim Penyusun rencana Tata Ruang dua dua pulau di Wakatobi, Prof. Sumbangan Baja.

Laporan: Amran Mustar Ode

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.