Iklan Clarion

Ribuan Hektare Sawah Potensial Konawe Terendam Banjir

SULTRAKINI.COM: KONAWE – Dampak banjir di Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara tidak hanya merendam rumah dan fasilitas publik. Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa, mengaku ribuan hektare persawahan yang potensial ikut terendam banjir akibat luapan air sungai Konaweha.

Daerah persawahan yang dimaksud Kery luasnya sekitar 24.200 hektare berada di Kecamatan Lambuya, Pondidaha, Meluhu, Amonggedo, Wonggeduku, Wongeduku Barat, Wawotobi, Unaaha, Uepai, Abuki, Asolu dan Kecamatan Asinua.

[ Klik Banner untuk ke Halaman Registrasi ]

“Kesemuanya itu adalah daerah yang sangat berpotensi bagi persawahan kita di Kabupaten Konawe,” ucapnya saat menunjau lokasi banjir bersama pihak DPRD Konawe, Senin (10/6/2019).

Konawe merupakan kabupaten yang dikenal daerah lumbung padi. Sejak beberapa hari terakhir, wilayah ini terdampak banjir, sehinggal ribuan masyarakatnya terpaksa dievakuasi.

Menurut Kery, sejumlah logistik terus disalurkan kepada korban banjir. Khusus empat desa di Kecamatan Konawe, pasokan logistiknya aman hingga tiga hari ke depan, seperti makanan, minuman, sandang, dan pangan.

Terkait logistik, Pemda juga menyalurkan bantuan makanan dan sebagainya di Rujab Camat Wonggeduku untuk disalurkan kepada pengungsi.

“Bagian Sampara juga aman. Wakil Bupati Gusli Topan Sabara juga turun lokasi dan memastikan aman logistiknya,” tambahnya ketika meninjau lokasi banjir di Desa Dawi-dawi, Desa Anggoro Sp C, Kecamatan Wonggeduku, dan Kecamatan Konawe.

Laporan: Ulul Azmi
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.