Pilkada koltim

Ribuan Masyarakat Padati Pembukaan HPS di Konsel

SULTRAKINI.COM: KONAWE SELATAN – Pembukaan peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) ke – 39 di Desa Puudambu, Kecamatan Angata, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) menarik ribuan pasang mata masyarakat untuk menyaksikan pembukaan pameran oleh Kementerian Pertanian.

Pantauan Jurnalis SultraKini.com, sejak pagi pukul 07.00 wita masyarakat terlihat sudah antusias berdatangan untuk menyaksikan pembukaan HPS ke – 39. Mereka bahkan mengajak seluruh keluarganya demi menyaksikan seluruh rangkaian pembukaan HPS.

Ribuan masyarakat yang memadati pembukaan HPS tersebut untuk menyaksikan pameran teknologi pertanian dan panen kakao yang sudah dijadwalkan oleh panitia.

Sejak pagi sudah terlihat antrian panjang kendaraan “mengular” mulai dari pintu masuk hingga di titik pusat penyelenggaraan pameran.

Maskur (39) warga yang berdomisili di Desa Tetehaka, Kecamatan Benua, Kabupaten Konsel, mengatakan, kedatangannya disitu hanya untuk sekedar melihat pameran, karena pameran pertanian ini baru pertama kali dia liat.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat untuk masyarakat, karena kami bisa melihat beberapa tanaman. Ini dapat mendorong motivasi kami sebagai petani untuk bertani lagi,” tuturnya.

Maskur berharap kepada pemerintah untuk memperhatikan petani dengan kembali mencanangkan program gerakan nasional (Gernas).

Pilkada

“Kami minta Mentan memberikan kami bantuan pupuk dan benih, apalagi saat ini petani susah sekali mendapatkan pupuk,” harapnya.

Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informasih Sultra, Syaifullah mengatakan, panitia menargetkan sebanyak 10.000 orang tamu undangan yang dipastikan menghadiri pelaksanaan HPS ke-39 di Sultra,

“Tamu undangan terdiri dari 3000 petani, 2000 undangan tamu diplomatik tour dan kementerian, 29 negara perwakilan kedutaan besar negara sahabat, serta puluhan anggota FAO sekitar 50 orang,” jelasnya.

Sebelumnya HPS ke -39 dijadwalkan bakal dibuka secara langsung oleh Presiden Jokowi untuk melaksanakan panen raya kakao. Selain panen raya presiden juga dijadwalkan melakukan temu wicara dengan petani kakao. Tapi kehadiran Jokowi di Sultra berhalangan.

HPS ke 39 dibuka oleh Menteri Pertanian Yasin Limpo. Turut hadir Dirjen, Gubernur dan Wakil Gubernur se Indonesia, Bupati dan Wakil Bupati, Walikota dan tamu undangan.

Laporan: La Niati

Editor: Hasrul Tamrin

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.