Pilkada koltim

Ribuan Personel Polisi Kawal Pilkada di Tujuh Kabupaten di Sultra

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Kapolda Sulawesi Tenggara, Irjen Pol Yan Sultra Indrajaya menyiapkan ribuan personel untuk mengawal pelaksanaan Pilkada di tujuh kabupaten pada 2020.

Pengamanan pilkada oleh Polda Sultra juga mendeteksi potensi kerawanannya, serta pihaknya akan menggelar Operasi Mantap Praja. Hal ini juga ditertuang dalam Telegram Kapolri Nomor STR/387/VI/AOPS/13/2020 diterbitkan pada 1 Juni 2020. Khusus Operasi Mantap Praja 2020 digelar serentak mulai 3 September 2020.

“Kekuatan sekitar seribu lebih itu untuk bagaimana kita mengamankan penyelanggaraan di tujuh kabupaten, bersama dengan TNI melihat tingkat kerawanannya, sudah ada pola-pola pengamanan yang kita selenggarakan. Intinya, kami siap untuk all out mengamankan pelaksanaan pilkada,” ucap Irjen Pol Yan Sultra Indrajaya, Kamis (9/9/2020).

Menurut mantan Wakapoda Sultra ini, tingkat pengamanan dapat dikualifikasi dalam tiga tingkatan kerawanan, yakni tinggi, sedang, dan rendah.

Pilkada

Di satu sisi, bakal pasangan calon juga harus mengikuti protokol kesehatan. “Untuk deklarasi sendiri (bapaslon), tentunya harus mengikuti protokol kesehatan, itu ada aturan juga dari KPU yang kita akan backup bagaimana nantinya menyelenggarakan deklarasi,” tambahnya.

Polda Sultra menyiagakan sekitar 2.851 orang personel guna mengamankan Pilkada 2020 di Kabupaten Konawe Selatan (zona orange Covid-19), Konawe Utara (zona kuning Covid-19), Konawe Kepulauan (zona orange Covid-19), Kolaka Timur (zona kuning Covid-19), Muna (zona kuning Covid-19), Buton Utara (zona kuning Covid-19), dan Kabupaten Wakatobi (zona kuning Covid-19).

Total 17 bapaslon diusung oleh partai politik dan satu bapaslon perseorangan. Mereka tersebar di Kabupaten Konsel tiga bapaslon, Konawe Utara dua bapaslon, Konawe Kepulauan empat bapaslon, Kolaka Timur dua bapaslon, Muna dua bapaslon, Buton Utara tiga bapaslon, dan Kabupaten Wakatobi dua bapaslon. (C)

Laporan: Riswan
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.