RSUD Bahteramas Punya Alat Tes Swab, Pemeriksaan Semakin Cepat

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Usai mendapat rekomendasi dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) tentang pengoperasian alat tes swab, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bahteramas kini bisa melakukan pemeriksaan tes swab tenggorok Virus Corona atau Covid-19.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Sultra, Andi Hasnah, mengatakan pengoperasian alat tes swab di RSUD Bahteramas dimulai 14 Mei 2020. Sebelumnya, untuk mengetahui apakah positif atau negatif Covid-19 seluruh sampel swab pasien di Sultra harus dikirim ke Laboratorium Kesehatan Makassar.

“Mulai besok, Laboratorium RSUD Bahteramas sudah bisa melaksanakan pemeriksaan swab secara mandiri berdasarkan rekomendasi Menkes. Jadi tidak perlu lama-lama lagi kita menunggu hasil swab covid-19,” ujarnya, Rabu (13/5/2020).

Dijelaskan, alat pemeriksaan swab yang tersedia di RSUD Bahteramas saat ini ada dua, yakni Polymerase Chain Reaction (PCR) dan PCM (alat seperti microskop). Catridge PCM tersebut merupakan bantuan dari Kemenkes sebanyak 60 buah.

“Insyaallah alat ini akan setiap harinya mendapatkan hasil pemeriksaan sekitar 70-100 sampel,” jelasnya.

Sementara itu, Plt Direktur RSUD Bahteramas, dr. Hasmudin, mengatakan dengan adanya alat tes swab di RSUD Bahteramas tersebut hasil pemeriksaan pasien di Sultra akan semakin cepat diketahui tanpa harus mengirim lagi ke Makassar.

“Alat PCR tunggu reagens kebetulan sudah ada dan satu dua hari ini sudah mulai siapkan dan operasionalkan,” katanya.

Ia katakan, alat tes swab ini akan dioperasikan oleh tenaga medis yang sudah berkompeten untuk melakukan pemeriksaan terhadap tes swab Covid-19.

“Kami punya petugas sudah siap dan Insyaallah bisa laksanakan tes PCM secara mandiri,” katanya.

Laporan: La Niati
Editor: Habiruddin Daeng

beras pokea

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.