Ruksamin Lantik Tiga Kades Hingga Salurkan Bantuan di Boedingi

  • Bagikan
Pelantikan tiga kepala desa oleh Bupati Konawe Utara, Ruksamin di Desa Boedingin, Kecamatan Lasolo Kepulauan. (Foto: Arifin Lapotende/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KONAWE UTARA – Bupati Konawe Utara (Konut), Ruksamin melantik tiga Kepala desa (Kades) di Desa Boedingi, Kecamatan Lasolo Kepulauan, Jumat (29/04/2017).

Ketiganya merupakan hasil pemilihan kepala desa serentak pada 28 Maret 2017 lalu di daerah tersebut, yakni Yunin Kepala Desa Waturambaha, Basrun Kepala Desa Tapunopaka dan Aksan Kepala Desa Boedingi yang menjabat selama periode 2017-2023.

Ruksamin berpesan, ketiga kades dapat berkomitmen melaksanakan tugas membangun desa dan melayani masyarakat sebagai perpanjangan tangan bupati dan wakil bupati Konut.

“Kami tidak mau dengar ada warga di tiga desa ini datang melapor karena pak desa tidak mau melayani pengurusan BPJS atau bantuan lainnya karena waktu pilkades dia tidak memilihnya. Hilangkan pemikiran itu silakan pak desa memberikan pelayanan prima pada warganya,” ucapnya.

Pelantikan juga dirangkaian dengan bedah desa dari program pemerintah daerah Konut. Jumat Berkah istilah lain dari program ini akan dilakukan pembenahan satu desa setiap bulan. Dan kesempatan tersebut terlaksana di Desa Boedingi.

Sejumlah bantuan juga disalurkan pemda di Desa Boedingi, misalnya pukat, sembako, perlengkapan olahraga, 500 pohon, pelayanan kesehatan gratis dan pelayanan pemasangan alat kontrasepsi.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Konut, Kasim Pagala menjelaskan, pelayanan alat kontrasepsi yang dimaksud, yaitu KB suntik,  Intrauterine Device (IUD), implan dan pasang lepas IUD dan implan kepada masyarakat setempat.

“Tujuan KB gratis ini ke depan diharapkan dapat menekan laju pertumbuhan khususnya penduduk di Konawe Utara, sekaligus kita memberikan pemahaman kepada masyarakat apa itu alat Kontrasepsi,” terang Kasim.

Kunjungan ke Desa Boedingi, Kecamatan Lasolo Kepulauan dihadiri Bupati Konut, Ruksamin, Wakil Bupati Konut Raup, Sekda Martaya, Wakil Ketua DPRD Konut Sudiro dan seluruh Kepala SKPD dan beserta para stafnya.

Laporan: Arifin Lapotende

  • Bagikan