Ruksamin Mengaduh Kerusakan Jalan ke Presiden

  • Bagikan
Kondisi jalan poros Konawe Utara-Konawe, Provinsi Sulawesi Tenggara. (Foto: Arifin Lapotende/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KONAWE UTARA – Bupati Konawe Utara, Ruksamin mengaduh kepada Presiden RI Jokowi Dodo sehubungan rusaknya badan jalan yang terhubung dengan Kecamatan Morosi, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara. Aduan dalam bentuk laporan tertulis diajukan langsung melalui Gubernur BI yang memuat sejumlah peningkatan inflasi dari dampak kerusakan jalan yang dirasakan oleh masyarakat setempat.

“Saya sudah laporkan secara tertulis kepada Bapak Presiden melalui Gubernur Bank Indonesia (BI) perkembangan ekonomi di Konut beserta kenaikan harga-harga barang yang terus meningkat (inflasi) yang naik secara spontan di bulan Mei,” kata Ruksamin melalui sambungan WhatApp, Kamis (27/7/2017).

Peningkatan inflasi dipicuh mahal dan langkanya sejumlah barang di Konut. Ini disebabkan kendaraan pemasok bahan pokok, mengalami kesulitan melintasi jalur tersebut. Kondisi rusaknya jalan semakin parah dikala hujan mulai mengguyur wilayah itu. Bahkan masalah ini mengancam terputusnya akses sejumlah titik di jalur tersebut.

Poros Konut-Konawe merupakan bagian pengawasan dan tanggung jawab PPK 10 PJN Wilayah II Sultra Balai XIV Palu.

Penurunan bahu jalan mulai dikerjakan awal 2017 menggunakan APBN Tahun Anggaran 2017 sekitar Rp 102 miliar. Namun dalam pengerjaan mega proyek kandas ditengah jalan. Akibatnya, jalur yang tengah dikerjakan terbengkalai. Kerusakan jalan bertambah seiring adanya kendaraan bermuatan berat melewati jalur tersebut.

Ruksamin berharap, aduan yang diajukan bisa ditindaklanjuti guna perbaikan jalan poros Konut-Konawe dikerjakan secepatnya.

Laporan: Arifin Lapotende

  • Bagikan