Rumah Jurnal IAIN Kendari Dampingi Pengelola Jurnal Elektronik di Sultra

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Rumah Jurnal Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari mendampingi pengelola jurnal elektronik yang ada di Sultra. Hal tersebut merupakan amanah yang diberikan oleh Relawan Jurnal Indonesia.

Amanah tersebut diberikan setelah salah seorang pengelola rumah jurnal IAIN Kendari dipercaya untuk menjadi koordinator daerah relawan jurnal Sultra. Olehnya itu, Jumat (26/4/2019) mengahadirkan para pengelola jurnal untuk membahas proses pendampingan yang akan dilakukan.

Ketua Korda Relawan Jurnal Sultra, Dr. Asliah Zainal, MA mengatakan pihaknya berencana akan melakukan pendampingan dalam pengelolaan jurnal dengan intensitas dua kali sebulan. Rencananya, kegiatan tersebut akan dilaksanakan setiap hari Jumat yang diberi nama Jumat Jurnal.

“Sebenarnya pendampingan rutin ini sudah kita lakukan dalam rumah jurnal 2018 lalu. Namun 2019 kita buka sayap mendampingi semua pengelola jurnal di Sultra, sesuai amanah relawan jurnal Indonesia,” ungkapnya.

Selain itu, pihaknya juga membuka diri untuk membantu melakukan pendampingan pada instansi mereka masing-masing, jika ada permintaan terkait hal itu. Untuk materi pendampingan juga tergantung kebutuhan pengelola jurnal.

“Apakah pendampingan terkait sirkulasi open juornal system (OJS) atau terkait dengan substansi naskah jurnal. Kami sudah memiliki kurikulum untuk hal ini baik pendampingan rutin atau di instansi masing-masing,” jelasnya.

Sementara itu, Rektor IAIN Kendari, Faizah Binti Awad, mengungkapkan pihaknya mengapresiasi proses pendampingan yang akan dilaksanakan secara rutin di IAIN Kendari. Dengan demikian, akan terjadi sharing pengalaman antara pengelola untuk meningkatkan akreditasi jurnal.

“Kami sangat mendukung kegiatan pendampingan pengelolaan jurnal yang akan dilaksanakan secara rutin ini,” tutupnya.

Laporan: Muh Yusuf
Editor: Habiruddin Daeng

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.