SULTRAKINI.COM: KENDARI - Meski PDIP dan Partai Golkar sudah mengeluarkan rekomendasi dukungan ke calon lain di pemilihan gubernur Sulawesi Tenggara, LM Rusman Emba mengaku belum menyerah untuk mendapatkan kedua partai tersebut. Selain itu, partai yang belum mengeluarkan dukungannya masih tetap diburu Bupati Muna ini.

Rusman Emba "Buru" Partai Untuk Mengusungnya di Pilgub Sultra
La Ode Darmono (Foto: Didul Interisti/SULTRAKINI.COM)

Ketua Tim Pemenangan Rusman Emba, La Ode Darmono mengatakan mantan Ketua DPRD Sultra itu masih terus melakukan lobi ke sejumlah petinggi PDIP, Partai Golkar, Demokrat, Gerindra, Hanura, dan PPP. Dia berharap, pendukung dan simpatisan tetap tenang dan menjaga solidaritas.

"Terbitnya rekomendasi DPP PDIP terhadap pasangan lain tentu ini sangat melukai perasaan simpatisan dan pendukung LM Rusman Emba. Namun, yang pasti beliau  akan tetap maju pada pencalonan gubernur Sultra 2018. Insya Allah dalam waktu dekat ini, akan ada rekomendasi dari partai tersebut," kata Darmono kepada SultraKini.Com melalui sambungan telepon, Selasa (7/11/2017).

(Baca: Rekomendasi PDIP ke Asrun-Hugua Bukan Tanda Tangan Megawati)

Sebelumnya, salah satu poin dalam rekomendasi DPP PDIP ke Asrun-Hugua, yakni dukungan seluruh elemen PDIP atas keputusan itu. Namun sebagai kader PDIP, Darmono mengaku, Rusman Emba tidak menentang keputusan partainya tersebut.

"Rusman tidak berhadapan dengan kader PDIP, tapi berhadapan dengan keputusan DPP. Subjektivitas DPP PDIP dalam menetapkan calon telah membuat marah dan kecewa seluruh pendukung dan simpatisan Pak Rusman. PDIP punya kader dan Rusman Emba punya pendukung dan simpatisan fanatik yang semuanya berada di bawah instruksi Pak Rusman," kata Darmono.

Selain PDIP, Golkar juga dikatakan Darmono akan mengeluarkan dukungannya ke Rusman Emba. Meski tak merinci waktunya, tetapi menurutnya dalam waktu dekat rekomendasi itu akan diberikan.

Hal ini cukup beralasan, menurutnya nama Rusman Emba merupakan salah satu yang diusulkan pengurus DPD Golkar Sultra ke DPP Golkar. Ia juga merupakan kader partai tersebut saat menjadi Ketua DPRD provinsi. "Golkar Insya Allah dalam waktu dekat rekomendasi akan segera terbit," tegasnya.

Demokrat juga diyakininya demikian, sebab nama Rusman Emba juga turut diusulkan dan dipilih pengurus Demokrat Sultra untuk diusulkan ke DPP. "Pak Rusman terus komunikasi juga karena namanya diusulkan ke DPP kemarin," jelasnya.

Demikian halnya dengan Partai Gerindra, Hanura, dan PPP, Darmono menyatakan Rusman masih terus memburu ketiga partai tersebut. "Insya Allah dalam waktu dekat akan ada informasi tentang Gerindra," katanya.

PPP Sultra sendiri melalui Ketua DPW Rasyid Syawal mengtakan semua keputusan ada di DPP. "Kami hanya membawa nama-nama calon  ke DPP, selanjutnya tergantung lobi calon dengan DPP karena semua partai finalnya di sana," kata Rasyid kepada SultraKini.Com melalui whatsapp-nya, Rabu, (1/11/2017).

Menurut Darmono, Rusman tetap ingin tampil dikarenakan hasil survei yang dilakukan internal tim tingkat keterkenalan dan keterpilihan terus naik. Ditambah lagi, Rusman sudah memiliki basis massa ril di daratan dan kepulauan dengan dibuktikan saat pemilihan legislatif DPD RI 2014 lalu saat meraih 56.232 suara.

"Dengan modal ini dapat kami pastikan satu atau dua bulan ke depan sudah melampaui calon lain," yakin Darmono.

Darmono juga mengungkapkan, saat ini Rusman Emba sudah memilih wakil. Hanya saja ia enggan menyebutkan identitasnya. 

"Nanti kalau sdh saatnya tiba teman teman akan kami sampaikan. Saat ini mereka berdua masih fokus urus pintu. Insya Allah kader dari daratan," tandasnya.


Laporan: Didul Interisti

Tanggapan Anda?

Facebook Conversations