Rutan Punggolaka, Bekali Napi dengan Keterampilan Khusus

SULTRAKINI.COM, KENDARI – Rumah Tahanan (Rutan) Punggolaka Klas II B Kendari, rupanya memiliki strategi khusus dalam memberdayakan seluruh narapidana. Hal ini diungkapkan langsung Kepala Rutan Punggolaka, Andi Gunawan kepada SultraKini.com, Kamis (31/5/2018).

“Jadi narapidana kita itu, kita bekali dengan keterampilan khusus seperti pembuatan mobiler, las dan pembuatan pot,” ungkapnya.

Andi Gunawan mengatakan Sehingga dengan kegiatan yang diberikan tersebut para Napi bisa membekali dirinya saat kembali berinteraksi di tengah masyarakat.

“Supaya ketika keluar nanti mereka punya kesempatan untuk berusaha dan bisa menghasilkan uang dengan keterampilan yang telah didapat disini, jadi mereka tidak melakukan perbuatan yang melanggar hukum lagi,” bebernya.

Selain itu menurut dia, menyambut hari Raya Idul Fitri 1349 Hijriah, para Napi dapat menikmati remisi atau potongan masa tahanan. “Yah pasti untuk lebaran nanti akan ada remisi bagi yang mengajukan,” ujarnya.

Meski demikian rupanya Andi sendiri masih sangat menanti respon pemerintah agar dapat merealisasi anggaran untuk merenovasi gedung serta penambahan gedung sel tahanan di rutan tersebut, mengingat saat ini jumlah Napinya telah over kapasitas yang mencapai 642 orang.

Laporan: Ifal Chandra
Editor: Habiruddin Deang

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.