SULTRAKINI.COM: BUTON - Daerah Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara saat ini aman dari pemadaman listrik bergilir. Hal itu dikarenakan pembangkit listrik tenaga diesel berkekuatan 5 mega watt di Jalan 25, tepatnya depan kantor BPBD Buton. PLTD ini sudah diaktifkan sejak awal Oktober 2017.

Saat Pemadaman Listrik di Baubau Tak 'Menular' Lagi ke Buton
Ilustrasi. (Foto: Google)

"Sudah diaktifkan sejak awal Oktober lalu, dengan adanya PLTD itu sangat membantu dalam hal menyuplai kebutuhan listrik di wilayah Buton," kata Kepala Rayon PLN Pasarwajo, M. Sugandinata kepada awak media, Senin (8/1/2018).

PLTD tersebut, lanjut dia, melayani kebutuhan masyarakat pada empat wilayah cabang, antara lain Kecamatan Siotapina dan Kecamatan Pasarwajo. Menurutnya, masyarakat Buton tidak bergantung lagi pada PLN Rayon Baubau.

"Jadi kita ini walaupun di Baubau itu padam, kita tetap menyala," ujarnya.

Dia menjelaskan, nantinya ada pemadaman listrik di Baubau yang bisa berdampak di Buton, maka PLN Rayon Pasarwajo meminta persetujuan dari Unit Pengatur Beban (UPB) agar mengaktifkan PLTD guna menyupali listrik kepada masyarakat.

"Tapi kalau UPB tidak mengizinkan, PLN Rayon Pasarwajo menunggu konfirmasi paling lama satu jam guna mengaktifkan PLTD. Jadi ada lima unit mesin PLTD, tapi hanya tiga yang diaktifkan karena dianggap sudah bisa memenuhi kebutuhan listrik masyarakat di Buton," jelasnya.

Terkait itu, salah Seorang warga Pasarwajo, Buton yang enggan menyebutkan namanya membenarkan bahwa sejak PLTD diaktifkan sudah tidak pernah lagi ada pemadaman listrik. "Iya betul, sudah tidak ada lagi pemadaman listrik," katanya singkat.


Laporan: La Ode Ali

Tanggapan Anda?

Facebook Conversations