SULTRAKINI.COM: Tekanan darah yang normal adalah salah satu pendukung kesehatan yang vital. Sebab saat tekanan darah melemah, maka hampir semua anggota tubuh tak mendapatkan suplai darah dengan baik. Hasilnya tubuh terasa dingin hingga ke ujung jari kaki, terjadi gangguan ginjal, varises, dan penyakit lainnya.
Saat Tekanan Darah Melemah Lakukan Hal Ini
Ilustrasi tekanan darah. (Foto: Shutterstock.com/Africa Studio)

Saat merasa bahwa tekanan darah melemah, lakukan hal berikut ini :

Konsumsi makanan pedas

Konsumsi makanan pedas seperti cabai bisa melebarkan pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh. Lancarnya aliran darah akan memperbaiki sistem kardiovaskular.

Jangan menggunakan pakaian ketat

Para ahli kesehatan menyarankan agar kamu tidak mengenakan pakaian ketat dalam jangka waktu lama. Sebabnya pakaian ini bisa menghambat sirkulasi darah dan memudahkan terjadinya varises. Segera lepas bajumu yang terlalu ketat ketika kamu merasa bahwa tekanan darahmu melemah.

Konsumsi makanan tinggi asam folat

Asam folat sangat membantu dalam pembentukan sel darah merah dan mencegah anemia. Kurang mengonsumsi makanan jenis ini bisa menyebabkan penggumpalan darah dan lemahnya aliran darah. Beberapa contoh makanan tinggi asam adalah sayuran berdaun hijau gelap, brokoli, atau avokad.

Naikkan kaki

Naikkan atau angkat kaki sambil tiduran saat kamu merasa bahwa tekanan darahmu melemah. Tindakan ini bisa mengurangi memperbaiki sirkulasi darah dalam tubuh.

Pijat

Pijat juga menjadi cara yang baik untuk meningkatkan sirkulasi darah karena bisa merangsang aliran darah di jaringan lunak. Penelitian menunjukkan bahwa pijat memberi manfaat positif pada fungsi vaskular perifer tubuhmu. 


Sumber: merdeka.com

IKLAN KPU IKLAN LION

Tanggapan Anda?

Facebook Conversations