SULTRAKINI.COM: KENDARI - Sagu difestivalkan di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, Minggu (5/11/2017). Festival kuliner diselenggarakan Dinas Pangan Kota Kendari sebagai upaya menjadikan sagu bagian program diversifikasi pangan nasional.

Sagu Untuk Diversifikasi Pangan Nasional
Ketua Tim Pengerak PKK, Siska Karina Adriatma memberikan sambutan di Festival Sagu 2017, Minggu (5/11/2017). (Foto: Mita/SULTRAKINI.COM)

Satu alasan menargetkan diversifikasi pangan nasional, dengan melihat sagu mengandung karbohidrat yang hampir sama dengan makanan pokok lainnya, seperti beras.

“Pemerintah lagi mengalakan diversifikasi pangan, jadi harapan pemerintah bahwa sumber karbohidrat itu bukan hanya berasal dari nasi, tetapi juga ada bahan makanan yang lain seperti sagu yang karbohidratnya jauh lebih bagus dari nasi,” kata Ketua Tim Pengerak PKK, Siska Karina Adriatma pada Festival Sagu, Minggu (5/11/2017).

Dia menambahkan, festival sagu baru terlaksana untuk segmen remaja. Biasanya festival terselenggara dari segmen para ibu rumah tangga. Dia berharap, festival bisa menjadi agenda tahunan dengan menggandeng sejumlah instansi terkait.

Menurut Kepala Pusat Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan Nasional, Dwi Agustin Satriani, festival tersebut baru terlaksanan di tingakt nasional sepanjang 2017.

“Dengan adanya Festival Sagu Kendari 2017, kami dari Kementerian Pertanian memberikan apresiasi, ini merupakan kerja sama kita semua baik dari Pemerintah Daerah Provinsi, Kota Kendari, juga dari FAO (Food and Agliculture Organization Of The United Nations), maupun dari Kementerian Pertanian. Dan ini tentunya perlu dilakukan kembali untuk di masa-masa yang akan datang,” ujar Dwi Agustin.

(Baca juga: Buka Kebun Sawit, Ribuan Pohon Sagu Dibakar di Konawe)

 

Laporan: Mita

Tanggapan Anda?

Facebook Conversations