Said Aqil Siraj akan Lantik PW NU Sultra serta Kuliah Umum di UHO dan IAIN

  • Bagikan
KH Said Aqil Siraj

SULTRAKINI.COM: Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Prof. Dr KH. Said Aqil Siraj, MA dijadwalkan melantik Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Provinsi Sulawesi Tenggara masa khidmat 2017-2022, Rabu (11 Oktober 2017.

Kegiatan dirangkai dengan pembukaan Musyawarah Kerja Wilayah (Mukerwil)  dipusatkan di salah satu hotel di Kota Kendari. Selain dihadiri seluruh pengurus wilayah juga dihadiri pengurus cabang nahdlatul ulama (PCNU) se Sulawesi Tenggara. 

Ketua Tandfidziah PWNU Sultra KH. Muslim,  mengungkapkan, selain melantik dan membuka Mukerwil PWNU Sultra, KH Said Aqil Siraj juga akan melakukan serangkaian kegiatan selama berada di Kendari, diantaranya, kuliah umum  di dua kampus ternama—Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari dan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari.

“Sebelum kembali ke Jakarta, KH Said Aqil Siraj akan menghadiri istiqosah dan tabliq akbar yang dipusatkan di Masjid Agung Al-Qautsar Kendari yang dihadiri warga nahdiyin  serta masyarakat Kota Kendari dari berbagai elemen,”kata KH Muslim yang juga Kepala Divisi Pemasyarakatan Kantor Kemenkumham Sultra.

Moment pelantikan dan Mukerwil menggusung tema ”Membumikan Islam Nusantara Menuju Islam Berkeadaban” diharapkan menjadi motor penggerak bagi pengurus wilayah maupun cabang untuk membangun organisasi hingga ke pelosok desa. Pasalnya, NU yang lahir sejak tahun 1926 ini, sudah dikenal dan dapat diterima masyarakat Sultra yang secara cultural menganut paham Ahlusunnah Waljamaah. 

“Artinya, di Sultra ini mayoritas warga NU. Hanya saja mereka belum begitu memahami bahwa ritual keagamaan dijalankan justru telah mengamalkan Islam yang berpaham Ahlusunnah Waljamaah,’’terangnya.

Ketua Panitia Pelaksana Andi Sahibuddin, mengungkapkan, secara teknis persiapan pelantikan dan Mukerwil PWNU Sultra sudah rampung mulai akomodasi hingga rangkaian acara yang menyertai kegiatan tersebut. 

“Khusus  kegiatan Ketua Umum PBNU di dua kampus, diserahkan sepenuhnya ke pihak UHO dan IAIN. Jadi insya allah seluruh kegiatan sudah rampung, tinggal pelaksanaannya saja,’ ’kata Andi Sahibuddin. 

Laporan: Milwan untuk SultraKini.com

 

  • Bagikan