Iklan Clarion

Sajian Kuliner Sang Juara di Perlombaan PKK Mubar, Unik dan Bergizi

SULTRAKINI.COM: MUNA BARAT – Tim PKK Kecamatan Tiworo Kepulauan, Kabupaten Muna Barat, Sulawesi Tenggara, tampil sebagai pemenang pada lomba “Pengolahan Pangan Lokal Non Beras dan Non Terigu”. Lomba diikuti belasan perwakilan dari kecamatan ini, diselenggarakan oleh TP PKK Kabupaten Mubar, Selasa (13/3/2018).

Pemenang lomba berhasil membuktikan, bahan makanan lokal di pekarangan rumah TP PKK Tiworo Kepulauan memberi manfaat lebih, utamanya nilai gizi untuk konsumsi sehari-hari. Bahkan tim ini, berhasil sebagai juara umum yang menjuarai perlombaan lainnya seperti masing-masing juara I lomba memasak nasi goreng, kebersihan tugu, dan lomba Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA), serta juara II lomba dasa wisma.

Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Tiworo Kepulauan, Siti Aisah Maliawati menjelaskan menu B2SA yang disajikan timnya adalah menu makanan pagi: Nasi Keladi Salju, Dadar Telur berjuta rasa, dan susu biji labu. Kudapan Pagi: Puding Rambutan Fla Jambu Klutuk dan Teh Bunga Kenop.

Sementara menu makanan siang: Nasi Jagung Aroma Pandan, Ikan Beselimut Kaobula, dan Sayur Tiworo Bersinar. Kudapan sore: Barongko Biji Nangka dan Jus Bekatul Kacang Hijau. Sedangkan menu makan malam: Lontong Ubi Jalar Ungu, Bola-bola Cumi Sari Segar, dan Tahu Guling Saos Biji Bunga Matahari.

“Bahan baku makanan non beras ini dari kebun toga masyarakat di wilayah Kecamatan Tiworo Kepulauan. Jadi kita manfaatkan tanaman yang ada di pekarangan rumah warga sekitar,” jelas Aisah.

Prestasi di bidang kuliner ini diapresiasi Camat Tiworo Kepulauan, Al Rahman. Dia salut atas kekompakkan para ibu PKK di kecamatannya yang memiliki semangat inovasi pada perlombaan tersebut.

“Sebagai pembina PKK selalu mensuport apa saja yang mejadi kegiatan di wilayah Tikep,” ujarnya.

PKK Tiworo Kepulauan merupakan kali kedua menjadi juara umum, yaitu tahun 2017 dan 2018, serta akan mewakili TP PKK Mubar pada perlombaan memasak PKK tingkat Provinsi.

Piagam penghargaan dan uang pembinaan bagi para pemenang diserahkan langsung oleh Sekda Mubar didampingi oleh Wakil Ketua TP PKK Mubar. Kemudian dilanjutkan dengan mencicipi aneka menu makanan yang disajikan oleh para peserta.

 

Laporan: Akhir Sanjaya

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.