Salut, Unilaki Jadi Pencetus Pengembangan Green House di Indonesia

  • Bagikan
Rektor Unilaki, Prof. La Ode Masihu Kamaluddin di ruang kerjanya sambil menunjukkan program agroindustri yang dikembangkan pihaknya. (Foto: Mas Jaya/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KONAWE – Program pengembangan agroindustri dengan konsep pertanian Green House oleh Universitas Lakidende (Unilaki), Kabupaten Konawe menjadi fenomenal. Program tersebut dianggap sebagai yang pertama di Indonesia dan telah menerapkan sistem teknologi pertanian.

Rektor Unilaki, Prof. La Ode Masihu Kamaluddin menuturkan, program tersebut telah menarik perhatian pemerintah, baik pusat maupun mancanegara. Kata dia, baru-baru ini pihak Unilaki mendapat kunjungan dari perwakilan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) RI.

“Hari Minggu (07/05/2017) kemarin, kita kedatangan tamu dari Kemenristek, bapak Agus Puji Prasetyono. Dia adalah Staf Ahli Bidang Relevansi dan Produktivitas,” ujarnya, Kamis (11/5/2017).

Saat kunjungan itu lanjut Masihu, perwakilan Kemenristek ikut meninjau langsung lokasi Green House yang tengah di kembangkan Unilaki. Di sana ia mengungkapkan, jika konsep Green House yang digagas Unilaki merupakan terobosan dibidang indusri pertanian. Dia (Agus) menyebut bahwa adanya konsep tersebut membuat Unilaki hadir sebagai pencetus unit program teknologi pertanian tersebut.

“Pak Agus melihat, konsep ini bisa membantu mengatasi masalah produktivitas pertanian yang kerap menurun. Dia juga berharap konsep tersebut juga dilirik oleh univeraitas lain, termasuk pemerintah daerah,” jelasnya.

Mantan Rektor Universitas Islam Sultan Agung itu menambahkan, untuk menyukseskan program itu pihaknya terus melakukan konsultasi terkait tenaga ahli dibidang tersebut. Selain itu, pihaknya juga telah membangun kerja sama dalam program itu dengan berbagai perguruan tinggi dalam maupun luar negeri.

“Dengan upaya-upanya tersebut, kami yakin bahwa Unilaki nantinya bisa mengambil peran strategisnya dalam memajukan pertanian di Konawe, Sultra maupun nasional,” tandasnya.

Laporan: Mas Jaya

  • Bagikan