Samahuddin Salurkan Bantuan Perahu, Kartu Tani dan Dana Hiba untuk Pembangunan Masjid di Mastim

SULTRAKINI.COM: BUTON TENGAH – Bupati Buton Tengah, Samahuddin, berkunjung di Tanjung Buaya, Kecamatan Mawasanka Timur (Mastim), Rabu (2/12/2020).

Dalam kunjungannya ini, ia menyerahkan bantuan perahu, melauncing kartu tani dan sekaligus menyerahkan bantuan dana hibah untuk pembangunan masjid kepada masyarakat.

Untuk bantuan perahu, kata politisi PDI-P ini, sebanyak 48 unit yang diberikan kepada masyarakat nelayan di 7 kecamatan.

“Dengan adanya bantuan ini, agar penangkapan ikan bisa lebih produktif lagi. Walaupun, bantuan ini belum semuanya tersalurkan kepada masyarakat. Tetapi, niat dalam melihat kebutuhan masyarakat nelayan sudah kita penuhi walaupun belum semuanya diadakan,” ucapnya.

Kemudian, lanjut Samahuddin, terkait dengan adanya launcing kartu tani tujuannya agar kebutuhan petani dalam pembelian pupuk bisa sedikit terbantu.

“Misalnya, para tani dalam melakukan pembelian pupuk, itu harganya lebih murah. Misalnya, harga pupuk yang berkisar 400 ribu. Dengan kartu tani, bisa dibeli dengan harga 90 ribuan. Dan masyarakat tidak lagi mengeluarkan uang sakunya. Sebab dalam kartu tani, sudah ada uang khusus untuk pembelian pupuk. Yang jumlahnya sekitar 10 jutaan,” jelasnya.

Penyerahan bantuan hibah masjid di Mastim (Foto: Habirudin Sitaba/SULTRAKINI.COM)
Penyerahan bantuan hibah masjid di Mastim (Foto: Habirudin Sitaba/SULTRAKINI.COM)

Terkahir, Samahuddin menyerahkan bantuan dana hibah dari Pemerintah Buteng kepada ketua panitia pembangunan masjid, sebesar 50 juta. Dimana bantuan ini, untuk membantu pembangunan masjid yang sementara berlangsung.

“Iya, bantuan dana hibah ini setidaknya untuk membantu pembangunan masjid di desa Lasori. Agar, kebutuhan pembangunan masjid bisa sedikit terbantu,” ungkapnya.

Sementara itu, Kadis Perikanan dan Kelautan Buteng, Rizal, menyebutkan bantuan perahu 48 unit bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) 2020. Dengan rincian anggaran lebih Tp 2,6 miliar.

“Iya anggaranya Rp2,6 miliar untuk 48 unit perahu. Dimana masing-masing kecamatan dibagikan. Untuk, Kecamatan Talaga Raya 3 unit, Mawasangka 16 unit, Mawasangka Tengah 2 unit, Mawasangka Timur 5 unit, Lakudo 15 unit, GU 3 unit dan Sangia Wambulu 4 unit,” ujarnya.

Samahuddin usai menyerahkan bantuan kapal kepada nelayan di Mawasangka Timur (Foto: Habiruddin Daeng/SULTRAKINI.COM)
Samahuddin usai menyerahkan bantuan kapal kepada nelayan di Mawasangka Timur (Foto: Habiruddin Daeng/SULTRAKINI.COM)

Kadis Pertanian Buteng mengatakan kartu tani yang dimiliki para petani bisa sedikit membantu apabila melakukan pembelian pupuk. 

“Untuk Louncing kartu tani. Kita bagikan kepada 854 tani yang ada di Buteng. Dimana nantinya kartu tani bisa membantu kebutuhan para petani,” katanya.

Terkahir, ketua panitia pembangunan masjid Nurul Iman yang ada di desa Lasori, kecamatan Mastim, La Jainu mengucapkan banyak apresiasi terhadap bantuan yang diberikan pemerintah Buteng.

Tentu dana hibah sangat terbantu dalam pembangunan masjid yang sementara berlangsung.

“Atas nama panitia pembangunan masjid Nurul iman. Sangat berterimakasih atas bantuan yang diberikan Bupati Buteng, H Samahuddin. Tentu, bantuan ini sangat membantu pembangunan masjid kedepannya,” tutupnya. (B)

Laporan: Habiruddin Daeng
Editor: Hasrul Tamrin

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.