Sambangi Kementerian Ketenagakerjaan, Bupati Buton Usulkan Tiga Hal

  • Bagikan
Pemda Buton Sambangi Kantor Kementerian Ketenagakerjaan RI di Jakarta. (Foto: Achi/Diskominfo Buton)

SULTRAKINI.COM: BUTON – Bupati Buton, La Bakry melakukan audiensi dengan Menteri Ketenagakerjaan RI, Ida Fauziyah di Jakarta pada Rabu, 9 September 2020. Tatap muka tersebut dilakukannya untuk menyampaikan tiga usulan terkait upaya mengembangkan kapasitas SDM.

Tiga usulan disampaikan La Bakry kepada menteri, pertama usulan pengembangan kapasitas SDM dan pembangunan balai latihan kerja serta penyempurnaan sarana dan prasarana BLK yang telah ada di wilayah Buton. Kedua, pengusulan Buton masuk dalam program padat karya, fokus pada peningkatan infrastruktur wilayah perdesaan yang berkaitan dengan wilayah-wilayah produksi pertanian, seperti pembangunan jalan usaha tani.

“Kiranya dapat dikerjakan secara padat karya sehingga masyarakat dapat meningkatkan produktivitas dan kesejahteraannya. Ketiga, berkaitan dengan bantuan subsidi upah (BSU) kiranya dapat diporsikan untuk Kabupaten Buton,” jelas La Bakry, Rabu (9/9/2020).

Ia berharap, Kementerian Ketenagakerjaan RI dapat diakomodir usulan tersebut pada 2021.

Semua usulan bupati Buton disambut baik Menteri Ketenagakerjaan, sebab wilayah itu memiliki potensi SDA yang melimpah.

Sekjen Kementerian Ketenagakerjaan RI, Anwar Sanusi, mengatakan segala potensi yang dimiliki Buton hendaknya dapat dimanfaatkan oleh sumber daya manusia di Buton itu sendiri.

Kementerian Ketenagakerjaan juga akan memberikan perhatian sehubungan usulan padat karya dan BSU utamanya di masa pandemi Covid-19. “Kalaupun ada tenaga dari luar hanya untuk transfer ilmu saja, tetapi pekerjaan-pekerjaan sudah seharusnya dilakukan tenaga lokal di Kabupaten Buton,” tambahnya.

Turut hadir pada audiensi tersebut Dirjen Bina Lantas, Budi Hartawan dan Plt Kadis Tenaga Kerja Kabupaten Buton, Simiati. (C)

Laporan: Aisyah Welina
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan