SUARA

Sambut Tahun Baru Islam, Pemkab Kolaka Dzikir dan Tabligh Akbar

SULTRAKINI.COM: KOLAKA – Memasuki tahun baru Islam 1 Muharram 1438 Hijriah, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka bekerjasama dengan Pengurus Hari-hari Besar Islam (PHBI), Kementerian Agama (Kemenag), Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) dan Pengurus Masjid Agung Khaera Ummah Kolaka menggelar Dzikir Bersama dan Tabligh Akbar, Minggu (2/10/2016) malam.

Hadir pada kesempatan tersebut, Bupati Kolaka yang diwakili Asisten I yang juga Ketua Umum PHBI Kolaka H. M. Ismail, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kolaka, Pimpinan DPRD Kolaka, Kepala Kantor Kemenag Kolaka H. Abdul Aziz Baking, sejumlah Pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Lingkup Pemkab Kolaka, Ketua BKMT Kolaka Hj. Herty Safei bersama pengurus dan anggota majelis taklim se Kabupaten Kolaka serta ratusan masyarakat muslim di daerah itu.

Kegiatan yang dipusatkan di Masjid Agung Khaera Ummah Kolaka dan dilaksanakan sesudah shalat Maghrib itu diawali Dzikir bersama yang dipandu Ustadz Herman Dondeng dan dilanjutkan Tabligh Akbar yang disampaikan Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kolaka DR. KH. M. Zakaria.

Dalam tausiyahnya, KH. Zakariah mengingatkan seluruh jemaah untuk melakukan muhasabah atau intropeksi terhadap segala sikap dan perbuatan yang telah dilakukan selama satu tahun sebelumnya.

yamaha

“Dengan masuknya tahun baru Islam 1 Muharram 1438 Hijriyah ini, sepatutnya kita melakukan muhasabah sebagai bentuk perenungan sekaligus mengenang seluruh perbuatan yang telah kita lakukan, baik terkait amal ibadah maupun kesalahan atau maksiat,” pesannya.

Menurut Pimpinan Pondok Pesantren Al Mawaddah Warrahmah Kolaka ini, jika ibadah yang ditunaikan selama ini belum maksimal atau kualitasnya belum baik, maka sepatutnya diperbaiki bahkan ditingkatkan kualitasnya. “Sebaliknya, terhadap kesalahan atau dosa yang telah dilakukan patut disadari dan seharusnya kita bertaubat memohon ampunan Allah,” ujarnya.

Dihadapan jemaah, KH. M. Zakaria juga berpesan untuk senantiasa menghidupkan dzikir dan banyak melakukan amal ibadah, baik yang fardlu atau diwajibkan Allah maupun yang disunnahkan Rasululullah.

Pada serangkaian kegiatan dzikir bersama dan tabligh akbar itu, tepatnya usai pelaksanaan shalat Isya secara berjamaah, dilanjutkan pengumuman hasil kejuaraan sejumlah lomba yang diinisiasi dan telah digelar BKMT Kolaka serta penyerahan tropy penghargaan dan dana pembinaan bagi para pemenang.

(Inmas Kemenag Kolaka)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.