Sapril Inisiasi Pembentukan INSA Kendari

SULTRAKINI.COM: Sejumlah pengusaha di bidang pelayaran niaga di Kota Kendari, Jumat (9 April 2021) berkumpul di salah satu hotel guna membahas persiapan pembentukan Persatuan Pengusaha Pelayaran Niaga Nasional Indonesia atau Indonesian National ShipOwners Association (INSA) Cabang Kendari.

Pertemuan ini diinisiasi oleh H Muh Sapril MS, salah seorang pengusaha kapal pelayaran di bawa bendera PT Menara Global Trans.

“Pertemuan ini dimaksudkan untuk  membentuk panitia rapat anggota cabang (RAC),” jelas Sapril.

Pertemuan dipandu oleh Mahdar Tayong dan M Djufri Rachim –keduanya dari unsur independen, menyepakati Capt. H.M Ghazali sebagai Ketua Panitia dan Nini Riyanti sebagai Sekretaris Panitia RAC.

Struktur panitia dilengkapi lima seksi. Tugas mereka mempersiapkan pelaksanaan RAC pada waktu yang akan dikoordinasikan dengan pengurus INSA pusat.

Pada forum RAC itu nanti para pengusaha pelayaran bermusyawarah membentuk INSA Cabang Kendari , yang merupakan cabang ke-45 di Indonesia, sekeligus memilih pengurus periode 2021-2024.

“INSA merupakan satu-satunya asosiasi pelayaran yang diakui oleh pemerintah,” kata Sapril.

Di tingkat pusat, INSA diketuai oleh Carmelita Hartoto.

Peran INSA saat ini dinilai sangat strategis mengingat saat ini pasar domestik pelayaran nasional sudah cukup baik dan dipenuhi oleh armada kapal nasional.

Pelayaran nasional sudah menjadi tuan rumah di negeri sendiri atau artinya semua komoditas dalam negeri sudah bisa dipenuhi oleh armada kapal nasional.

Kendati angkutan migas masih didominasi oleh BUMN Pertamina, baik dengan armada milik maupun charter kepunyaan mitra dalam negeri, namun di sisi lain angkutan tambang atau mineral sudah bisa di kerjakan oleh armada nasional.

Laporan: Shen Keanu

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.