Pilkada koltim

Satgas Buteng Simulasi Penanganan Covid-19, Antisipasi Situasi Darurat

SULTRAKINI.COM: BUTON TENGAH – Pemerintah Daerah Buton Tengah bersama tim satgas gugus Covid-19 menggelar simulasi penanganan pasien Covid-19, Senin (18/5/2020).

Simulasi penanganan pasien Covid-19 di halaman kantor Bupati Buteng digelar untuk melihat kesiapan tim satgas dalam menangani pasien Covid-19, terlebih di tengah kondisi darurat. Mengingat wilayah setempat dilaporkan sebanyak 18 orang tertular virus corona.

“Ini kerja sama dengan kepolisian dan pemerintah daerah serta pihak-pihak terkait untuk lakukan kegiatan simulasi,” kata Bupati Buteng, Samahuddin, Senin (18/5/2020).

Dalam simulasi nampak tim satgas menggunakan alat pelindung diri lengkap sedang mengevakuasi mayat yang terpapar Covid-19. Aksi tersebut juga melibatkan kepolisian. Sementara penanganan yang dilakukan hingga proses penguburan mengikuti standar protokol kesehatan penanganan Covid-19.

Pilkada
Simulasi penanganan pasien Covid-19 di Kabupaten Buteng, Sultra, Senin (18/5/2020). (Foto: Ist)

Menurut Samahuddin, simulasi memang harus digelar oleh setiap daerah yang terpapar Covid-19. Dirinya juga mengapresiasi kegiatan tersebut dan berharap tim satgas dan tenaga medis lebih maksimal dalam menangani dan mencegah penyebaran Covid-19.

“Mudah-mudahan yang kita lakukan hanya cukup sebatas simulasi, di Buton Tengah jangan ada kasus seperti ini,” ucapnya.

Data gugus tugas Covid-19 Provinsi Sulawesi Tenggara hingga 17 Mei 2020 pukul 17.00 Wita, Kabupaten Buteng ditetapkan sebagai zona merah Covid-19 dan tercatat memiliki 145 orang tanpa gejala (OTG), tiga orang dalam pemantauan (ODP), 0 pasien dalam pengawasan (PDP), dan 18 orang positif corona.

Laporan: Agusrianto
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.