Satlantas Wakatobi Klaim Pengendara Taat dari Teguran

  • Bagikan
Kasat Lantas Polres Wakatobi, AKP Asnawi (Foto: Amran Mustar Ode/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: WAKATOBI – Hari kedelapan operasi simpatik, Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Wakatobi, menjaring 136 pelanggar etika berlalu lintas. Kebanyakan mereka tidak menggunakan helm dan menggunakan kenalpot racing.

“Kami menilang 21 kendaraan dan menegur 115 pengendara,” jelas Kasat Lantas Polres Wakatobi, AKP Asnawi, Rabu (8/03/2017).

Dikatakannya, dasar pelaksanaan operasi simpatik dengan mengedepankan tindakan prefentif, yaitu teguran. Tetapi bagi pengendara pelanggar, secara kasat mata dan akan menimbulkan kecelakaan lalu lintas maka pihaknya melakukan penilangan.

“Contohnya kalau ada satu kendaraan di tumpangi dua orang. Kalau hanya satu orang tidak menggunakan helm, maka kami hanya berikan teguran dan menyuruh satu orangnya menggunakan helm. Namun jika pengendara jalan melawan arus dan tidak memakai kaca spion, maka kami akan tilang,” katanya.

Asnawi mengklaim, operasi tersebut berdampak kepatuhkan pengendara berlalu lintas semakin meningkat. “Dengan adanya teguran makin banyak pengendara yang sudah mulai sadar pentingnya menaati peraturan berlalulintas,” ucapnya.

  • Bagikan