SUARA

Satpol PP Konsel Sisir PNS Malas, Hasilnya Mengecewakan

SULTRAKINI.COM: KONAWE SELATAN – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Konawe Selatan melakukan inspeksi mendadak, Selasa (4/9/2016) di sejumlah instansi pemerintah daerah. Pasalnya, banyak PNS Konsel diketahui malas masuk kantor.

Hasilnya, Satpol PP menemukan banyak dinas yang pegawainya tidak masuk kantor, termasuk kepala dinasnya.

Sidak dilakukan guna meningkatkan kedisplinan PNS Konawe Selatan yang terkenal akan malasnya berkantor. Sesuai dengan Peraturan Bupati nomor 28 tahun 2016 tentang Perubahan Peraturan Bupati Konawe Selatan nomor 19 tahun 2015 tentang Peningkatan Disiplin Aparatur Sipil Negara di Lingkungan Pemkab Konsel, serta Surat Keputusan Bupati nomor 730/1068/2016 tentang Pembentukan Tim Terpadu Penegakan Peraturan Daerah dan Kawasan Tertib Ibukota Kabupaten Konsel.

Tim Sidak yang dipimpin Kasat Pol PP, Munawar L ini, menemukan banyak PNS bolos tanpa alasan. Dalam satu kantor, pegawai yang masuk kerja hanya 3 bahkan 2 orang saja. Ada juga PNS yang sedang makan di jam kerja.

“Bukan saja bawahannya yang tidak masuk kantor, tapi para kepala dinas pun tidak masuk kantor,” kata Munawar yang mengaku heran dengan hal itu.

Dinas yang tidak ada pimpinannya saat Sidak antara lain Dispenda dan Koperasi, Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Dinas Pariwisata, BPMD, Dishub, Dinas Catatan Sipil, Dinas Pertambangan, Dinas Pertanian dan Peternakan, Dinas PU, Dinas Kehutanan, Dinas Sosial, Perdagangan dan Perindustrian, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi.

Hanya ada dua dinas yang pimpinannya ada di kantor, yaitu BP4K dan Badan Perizinan.

yamaha

“Agar tidak ada PNS yang malas masuk kantor, PNS yang tidak masuk kantor ini tidak sadar diri, meninggalkan tugas dan tanggung jawab mereka sebagai pelayan masyarakat,” kata Munawar.

“Ini adalah sudah tugas kami sesuai tupoksi, memantau kedisiplinan PNS. Masa yang berkantor cuman 10 persen saja, ini kan aneh mereka pada kemana, ini baru hari Selasa,” ujarnya.

Dia menambahkan, kebiasaan PNS di Konsel adalah saat bupati dan wakilnya tidak berada di tempat misal sedang tugas di luar daerah, mereka ikut menghilang tanpa sebab.

“Silahkan orang menilai saya apa, yang penting saya menjalankan perintah bupati. Jika mereka tidak terima ya silahkan membela diri, yang penting kami sudah turun langsung melihat temuan ini,” katanya.

Hasil Sidak ini, kata dia, akan dilaporkan pada pimpinan yaitu Bupati Konsel agar ditindaklanjuti. Dia berharap, PNS dan pimpinannya menjalankan kewajiban sebagai pelayan masyrakat agar bisa mewujudkan Desa Maju Konsel Hebat sesuai visi Bupati dan Wabup Konsel.

Ditemui di tempat berbeda, Wakil Bupati Konsel, Arsalim Arifin mendukung upaya tim terpadu ini untuk meningkatkan kedisplinan PNS di Konsel.

Editor: Gugus Suryaman

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.