Satu Orang Diduga Pembakar Randis Pejabat Dikbud Muna Diciduk

SULTRAKINI.COM: MUNA – Pemuda berinisial JU (21) diciduk Timsus Jatanras Kepolisian Resor Muna. Dia diduga salah satu pelaku pembakaran kendaraan dinas benomor polisi DT 1160 D, yang tak lain milik pejabat Kepala Bidang di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Muna, Kudus Muharram.

Kapolres Muna, AKBP Agung Ramos Paretongan Sinaga mengatakan pasca insiden tersebut, Timsus Jatanras Polres Muna bersama Polsek Katobu langsung melakukan olah tempat kejadian perkara di sekitar lokasi dan pelaku pembakaran mengarah kepada JU warga Jalan Sawerigading Kelurahan Raha I.

“Kejadiannya sekitar pukul 03.00 Wita. Setelah melakukan aksinya, pelaku yang diduga berboncengan menggunakan sepeda motor sempat terjatuh dan kembali melarikan diri. Tapi berbekal barang bukti sepeda motor dan sandal di lokasi, hanya butuh sekitar lima setengah jam, yakni pukul 08.30 Wita, pelaku berhasil ditangkap di rumahnya tanpa perlawanan,” kata Agung Ramos melalui sambungan sambungan telepon, Minggu (24/9/2017).

Ditambahkannya, belum diketahui motif pelaku, namun pihaknya terus melakukan pendalaman terkait keterlibatan pelaku lainnya. Selain itu, untuk mencegah kejadian serupa terjadi, pihaknya akan lebih meningkatkan patroli dan razia.

“Kedepan kita akan menurunkan babinkamtibmas melakukan pendekatan kepada tokoh masyarakat untuk menjaga keamanan bersama. Yang terutama meningkatkan razia dan patroli. Sekarang pelakunya masih ditahan di polsek dan untuk motif kita masih dalami,” terang Agung Ramos.

Sementara itu, Kepala Bidang Pemberdayaan Sekolah Dasar Dikbud Muna, Kudus Muharram mengungkapkan tidak mengetahui jelas atas kejadian tersebut. Sebab dirinya sedang tertidur lelap. Namun dia mengakui kejadian serupa sudah terjadi untuk kedua kalinya.

“Saya tidak tahu karena saat itu saya sedang tidur, untung saja saat kejadian ada beberapa tetangga yang belum tidur yang memberitahu tentang kejadian ini,” singkat Kudus.

Peristiwa terjadi sekitar pukul 03.00 Wita. saat itu Randis milik Kabid Pembedayaan Sekolah Dasar Dikbud Muna, Kudus Muharram yang terpakir di depan kediamannya Jalan Teratai, Kelurahan Wamponiki.

Kejadian tersebut sempat diketahui oleh saksi mata anggota Polsek Katobu, saat sedang melakukan patroli yang melihat ada kobaran api bersumber dari mobil korban serta di sekitar lokasi terlihat dua orang pemuda yang mencurigakan.

Anggota langsung melakukan pengejaran. Pelaku yang sempat melarikan diri tidak mampu mengendalikan laju motornya, sehingga terjatuh. Pelaku kembali berusaha kabur dengan cara berlari dan meninggalkan motornya di sekitar lokasi. Sehingga pihak kepolisian, akhirnya mengamankan kendaraan milik pelaku.

Atas insiden tersebut, kendaraan dinas milik Kudus Muharram mengalami gosong pada bagian belakang, serta kaca mobil tersebut pecah akibat ledakan.

(Baca juga: Seorang Pegawai Dikbud Muna Dilaporkan Atas Dugaan Pengancaman)

Laporan: Arto Rasyid

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.