Satu Pasien Meninggal, RSUD Buteng: Hasil Tesnya Belum Keluar, Pihak Keluarga Jadi ODP

SULTRAKINI.COM: BUTON TENGAH – Satu orang pasien yang meninggal di RSUD Buteng belum dipastikan tertular virus corona atau sebaliknya. Sebab, hasil pemeriksaannya belum dikeluarkan.

Menurut Dirut RSUD Buteng, dr. Kariyadi, status pasien tersebut masih menunggu hasil yang dikeluarkan oleh bagian perawatan yang menanganinya. Pihak rumah sakit juga hingga kini masih berkoordinasi dengan Gugus Tugas Covid-19 Sulawesi Tenggara terkait hal tersebut.

“Kita belum pastikan apakah itu terkait Covid-19 atau bukan, kita tunggu hasil dari bagian perawatan, kita juga masih koordinasi dengan pihak gugus tugas terkait dengan bagaimana pasien tersebut,” ujarnya, Selasa (7/4/2020).

Pasien tersebut sebelumnya terkonfirmasi tiba di RSUD Buteng pada Senin (6/4/2020) dari Kecamatan Mawasangka sekitar pukul 16.00 Wita dengan gejala sesak napas dan batuk. Setibanya, di rumah sakit, pihak RS langsung memberikan pelayanan sesuai SOP tentang penanganan pasien menular.

“Iya, kita lakukan penanganan sesuai dengan standar penanganan pasien penyakit menular,” ucapnya.

Id Bulog

Sementara itu, keluarga dari pasien tersebut saat ini masih ditetapkan sebagai orang dalam pemantauan (ODP) dan masih menjalani karantina di ruang IGD rumah sakit bersama tujuh orang petugas perawat yang menangani pasien itu.

Terkait riwayat perjalanan pasien, pihak RSUD belum bisa memastikan, dia bagian dari pemudik yang berasal dari Kalimantan atau bukan.

“Kalau riwayat perjalanan pasien kita belum pastikan,” tambahnya.

Berdasarkan data Gugus Tugas Covid-19 Sultra per 6 April 2020 pukul 17.00 Wita, khusus Kabupaten Buteng tercatat memiliki 0 orang tanpa gejala (OTG), 70 ODP, 0 pasien dalam pengawasan (PDP), dan 0 positif Covid-19.

Laporan: Agusrianto
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.