SULTRAKINI.COM: MUNA BARAT - Kepala SMPN 1 Tiworo Selatan, Laode Halimu menyatakan sekolahnya siap menyelenggarakan Ujian Nasional Berbasis Komputer atau UNBK 2018. Target itu mulai ditampakkan pihak sekolah dengan rutin latihan menyelesaikan soal-soal ujian menggunakan komputer.

Satu Sekolah di Mubar Siap UNBK 2018
Kepala SMPN 1 Tiworo Selatan, Laode Halimu. (Foto: Akhir Sanjaya/SULTRAKINI.COM)

"Saat ini mulai diberikan pelatihan untuk menyelesaikan soal-soal yang ada di komputer. Soal kami download di internet sebagai bahan latihan bagi siswa. Jadi selama lima bulan kedepan, sebelum pelaksanaan ujian, siswa akan terus kami latih mengerjakan soal di komputer," ujar Halimu, Rabu (6/12/2017). 

Ditambahkannya, dalam ujian nasional soal yang dihadapi siswa tak jauh berbeda dengan sistem komputer. "Yang membedakan hanya satunya dijawab di layar komputer yang satunya dengan lembar jawaban. Tetapi, masalah tingkat kesulitan soal semua sama," kata Halimu.

Meski mengaku siap untuk menyelenggarakan UNBK, namun dirinya tak mempungkiri terkait keterbatasan komputer untuk menampung peserta ujian.

"Pada pelaksanaan ujian nanti, kita akan laksanakan di SMA 1 Tikep, saya juga berharap mudah-mudahan ada bantuan komputer dari pemerintah, agar kedepanya UNBK bisa dilaksanakan di sekolah kita sendiri," jelas Halimu.

Di Kabupaten Muna Barat, Sulawesi Tenggara, UNBK belum pernah dilaksanakan di tahun-tahun sebelumnya mulai dari tingkatan SMP maupun SMA sederajat.

(Baca: UNBK 2017 Belum Cocok di Mubar)


Laporan: Akhir Sanjaya

IKLAN KPU IKLAN LION

Tanggapan Anda?

Facebook Conversations