SUARA

Sebanyak 1.938 Siswa SD Sederajat Mengikuti USBN di Mubar

SULTRAKINI.COM: MUNA BARAT – Sebanyak 1.938 siswa Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) Negeri di Kabupaten Muna Barat (Mubar) mengikuti Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) tahun 2018.

Kepala Bidang Pendidikan Dasar dan Sarana Prasarana Dinas Pendidikan Mubar, La Umbas menjelaskan berdasarkan hasil pendataan pihaknya, jumlah peserta USBN terdiri dari 965 orang pria dan 973 perempuan tersebar di 94 SD dan Madrasah Ibtidayah Negeri Lapokainse.

Untuk pembuatan soal ujian tahun ini ada perbedaan dari tahun sebelumnya, dimana tahun ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menunjuk dua organisasi profesi guru, yakni Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) dan Kelompok Kerja Guru (KKG) untuk menyusun 80 persen naskah soal ujian sekolah berstandar nasional, pemerintah hanya menyisipkan sebesar 20 persen soal sebagai acuan standar nasional. Sedangkan tahun lalu soal USBN dibuat oleh Dinas Pendidikan, kemudian mengirimnya ke tingkat provinsi.

yamaha

“Setiap KKG ditugaskan membuat soal dengan acuan kisi-kisi yang diperoleh dari pusat,” kata La Umbas saat ditemui di ruang kerjanya, (30/4/2018).

Pelaksanaan USBN dimulai 3-5 Mei 2018.
Jumlah soal mata pelajaran Bahasa Indonesia, yaitu 40 nomor pilihan ganda, uraian lima nomor. Mata pelajaran Matematika pilihan ganda 30 nomor uraian lima nomor, sementara IPA 35 nomor pilihan ganda uraian lima nomor.

“Soal yang akan digunakan nantinya pihaknya telah mendistribusi ke tiap-tiap sekolah, pendistribusian tersebut telah rampung 100 persen,” terang.

 

Laporan: Akhir Sanjaya

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.