Sebanyak 103 Titik Salat Ied di Kendari, Ini Pusat Lokasinya

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Lokasi pelaksanaan Salat Idul Fitri 1440 Hijriah di Kota Kendari tersebar di 103 titik. Kepala Bagian Kesra Kota Kendari, Abdul Rauf, menerangkan untuk pusat pelaksanaan Salat Ied sendiri di lokasikan di Masjid Al Alam.

“Sebelumnya ada 101 titik, namun bertambah menjadi 103 titik tempat salat (Idul Fitri),” terang Rauf, Selasa (28/5/2019).

Pusat pelaksanaan Salat Ied sendiri, yakni di Masjid Al Alam. Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir dijadwalkan bertindak sebagai khatib.

Dipilihnya Masjid Al Alam juga melalui koordinasi antara Pemkot dengan pihak terkait seperti pengurus masjid, polres, kementerian agama, satpol pp, dan dinas perhubungan.

“Harus ada persiapan, khususnya mengenai arus lalu lintas keluar-masuk dan ketertiban serta keamanan salat nantinya,” ucap Rauf.

Aspek pengamanan nantinya, pihak Polres Kendari menyiapkan 385 personel di semua titik pelaksanaan Salat Ied. Jumlah itu belum termasuk personel dari TNI dan Satpol PP Kendari.

yamaha

Persiapan lain menghadapi momen tersebut adalah disiapkannya dua angkutan dari dishub untuk mengangkut para jamaah apabila terjadi kemacetan.

“Jadi parkirnya (mobil angkutan) di luar pintu masuk kemudian jamaah akan diangkut menggunakan mobil itu,” tambah Rauf.

Begitu pula khitbah, sudah diserahkan kepada pihak Kemenang Kendari. Termasuk imam salat ditangani oleh pengurus masjid.

Pemkot Kendari mengimbau, semua ASN-nya bisa melaksanankan Salat Ied berjamaah di Masjid Al Alam.

Masjid Al Alam memiliki data tampung sekitar 10 ribu orang hingga di halaman depan masjid.

“Besok kita akan supervisi ke sana termasuk mengenai kebersihannya,” ucapnya, Selasa (28/5/2019). (Adv)

Laporan: Maykhel Rizky
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.