SULTRAKINI.COM:KONAWE SELATAN - Operasi zebra yang dilakukan pihak Satuan lalu lintas (Satlantas) Polres Konawe Selatan 2017, sampai saat ini telah menjaring ratusan pengendara roda dua dan roda empat dengan jumlah penindakkan sebanyak 459 surat tilang.

Sebanyak 459 Surat Tilang Melayang di Operasi Zebra 2017
Kasat Lantas Polres Konsel, IPTU Izhak SH. (Foto: Adryan Lusa/SULTRAKINI.COM)

Jumlah ini mengalami peningkatan jika dibandingkan tahun sebelumnya di operasi yang sama, sebanyak 135 surat tilang dihari ke-13 operasi ditahun 2016 yang dilayangkan kepada pengendara. Jumlah yang sangat jauh berbeda ditahun 2017 dan dihari yang sama dengan jumlah 459 surat tilang.

Kepala Satuan Lalulintas (Kasat Lantas) Polres Konsel, Iptu Izak, SH., ketika dikonfirmasi menjelaskan bahwa operasi zebra tahun 2017 ini ada kenaikan. Untuk operasi zebra kali ini terjadi kenaikan 24 persen atau selisih 324 surat tilang dibanding tahun sebelumnya.

"Ada kenaikan 324 penindakan atau terjadi kenaikan penindakan sebesar 24 persen yang didominasi pelanggar  roda dua, dan hari ini Selasa 14 November 2017 adalah hari terakhir operasi zebra," jelasnya via seluler, Selasa (14/11/2017).

Peningkatan jumlah ini ditengarai karena operasi zebra yang secara intens dilakukan setiap hari melalui dua cara yakni razia stasioner dan hunting system yang dilakukan di lokasi yang terindikasi dengan jumlah pelanggaran lalu lintas terbanyak.

"Harapan kami, melalui operasi zebra tahun ini akan tumbuh kesadaran masyarakat. Khususnya masyarakat Konsel agar tertib dalam berlalu lintas," harapnya.

Lebih lanjut pihaknya mengharapkan agar masyarakat Konsel memiliki budaya dalam berlalu lintas, yakni memeriksa kelengkapan surat-surat kendaraan seperti SIM dan STNK serta kelayakan kendaraan sebelum berkendara. Dengan budaya tertib berlalu lintas, maka rasa aman dan nyaman juga akan dirasakan oleh pengendara.


Laporan: Adryan Lusa

Tanggapan Anda?

Facebook Conversations