SUARA

Sebanyak Tiga Rumah di Buabau Hangus Terbakar

SULTRAKINI.COM: BAUBAU – Sebanyak tiga rumah semi permanen dan dua unit kendaraan roda di Lorong Stai, Kelurahan Tanganapada, Kecamatan Murhum, Kota Baubau, hangus terbakar pada Rabu, 5 Agustus 2020.

Sekretaris Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Baubau, Muhamammad Massad, mengatakan pihaknya mendapatkan informasi kebakaran tersebut dari RT setempat pada pukul 18.32 melalui panggilan telepon.

“Setelah saya dapat informasi dari Pak RT, saya langsung menghubungi kantor melalui HT untuk mengerahkan anggota ke lokasi kejadian dengan kekuatan penuh,” terang Massad.

Dikatakannya dalam aksi pemadaman pihak dinas pemadam kebakaran mengutus 5 unit mobil pemadam kebakaran. Menurutnya memang perlu dilakukan mengerahkan seluruh unit milik damkar untuk mengantisipasi agar api tidak merambat ke rumah lainnya karena kondisi angin kencang.

yamaha

Kata Massad, api mudah merambat dan menghanguskan 3 rumah tersebut akibat material bangunan mudah terbakar.

Salah seorang warga pemilik rumah, Amin (18), mengatakan kebakaran terjadi saat dia bersama teman-teman sedang duduk di depan rumahnya. Awalnya Amin mengira asap berasal dari acara pernikahan dari rumah lain disekitar lokasi kejadian. Kemudian setelah api membesar, bersama beberapa teman dan dibantu warga berusaha memadamkan api dengan peralatan seadanya.

Amin mengaku api begitu cepat merambat sehingga tidak dapat menyelamatkan apapun dari rumahnya termasuk Ijazah SD, SMP serta yang lainnya.

“Kita kira asap itu dari rumah belakang yang lagi bakar-bakar karena ada acara nikahan, tapi baunya seperti kain yang terbakar,” kata Amin. (B)

Laporan: Aisyah Welina
Editor: Habiruddin Daeng

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.