SUARA

Sehari, Satu Sampai Dua Warga Konawe Mendaftar Naik Haji

SULTRAKINI.COM: KONAWE – Animo masyarakat Konawe untuk berangkat haji cukup tinggi. Jika dilihat dari jumlah rata-rata pendaftar, dalam sehari tercatat ada satu hingga dua orang yang mengajukan diri.

Kepala Seksi (Kasi) Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kantor Kementerian Agama (Kankemenag), H. Alwi menuturkan, jumlah pendaftar haji lima tahun terakhir berada di angka tiga ratus enam puluhan ke atas. Kecuali pada tahun 2011 yang jumlah pendaftarnya hanya 252 orang. Sementara pada tahun 2012 hingga 2015, masing-masing jumlah pendaftarnya, yakni 373, 263, 382 dan 372.

Menurut Alwi angka tersebut jika di rata-ratakan menunjukan bahwa dalam sehari, ada satu sampai dua warga yang mendaftar naik haji dari Kabupaten Konawe. “Walau cenderung naik turun angkanya. Namun bisa dirata-ratakan kalau setiap hari itu bisa dibilang ada satu atau dua orang yang mendaftarkan diri,” jelasnya.

yamaha

Sementara untuk tahun 2016 lanjut Alwi, perekapan angka pendaftarnya nanti dilakukan tahun depan. Namun ia memastikan jika jumlah pendaftar tidak bakal jauh berbeda dari angka tahun-tahun sebelumnya.

Alwi juga mengungkapkan, untuk angka keberangkatan, hampir setiap tahun mengalami penurunan. Tahun 2011, angka pemberangkatan cukup tinggi, mencapai 151 orang. Sedangkan empat tahun berturut dari tahun 2012 hingga 2015, yakni 99, 103, 90, dan 70. 

“Pemberangkatan kembali mengalami kenaikan pada tahun 2016, sebanyak 104. Namun dua orang diantaranya batal, akibat sakit dan meninggal dunia. Kita berharap, kuota keberangkatan bisa bertambah tahun-tahun mendatang, agar cepat mengakomodir jumlah pendaftar,” tandasnya.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.