Iklan Clarion

Sejumlah Elemen di Kolaka Gelar Apel Merah Putih

SULTRAKINI.COM: KOLAKA – Ratusan warga dari berbagai elemen menggelar Apel Merah Putih di Lapangan Konggoasa Kolaka, Rabu (30/11/2016). Kegiatan yang bernuansa perjuangan itu, tampak membakar semangat patriotisme hadirin ketika disuguhkan atraksi yang mendiskripsikan heroik perlawanan para pejuang melawan penjajah demi meraih kemerdekaan.

Atraksi itu dipelopori Kodim 1412 Kolaka, sedangkan persertanya diperankan dari berbagai anggota organisasi di Kolaka.

Dalam atraksi “berdarah” tersebut para pejuang berhasil melumpuhkan pasukan penjajah hingga akhirnya kolonial meninggalkan Negeri Sorume sebutan Kolaka ketika belanda menduduki Bumi Mekongga saat itu.

Usai atraksi, kegiatan dilanjutkan orasi perjuangan yang disampaikan Bupati Kolaka Ahmad Safei, Dandim 1412 Cosmas MD, Kajari Jefferdian, DRPD diwakili Musdalim Zakir, Kapolres Darmawan Affandi.

Kelima orator tersebut tampak menggelegar menyampaikan orasi yang bertujuan mengokokohkan kembali empat pilar kebangsaan ditengah kondisi politik dalam negeri yang yang belakangan relatif memanas paska bergulirnya kasus dugaan penistaan agama yang dilakukan Basuki Tjahaya Purnama (Ahok).

“Melalui acara ini kita ingin membangkitkan kembali rasa kebangsaan yang sepertinya ada orang yang berfikir ingin menggantikan ideologi lain (selain Pancasila),” kata Safei ditemui usai apel

Sementara Ketua KNPI Kolaka Akbar Dili didaulat membacakan puisi perjuangan yang juga isinya menyampaikan pesan-pesan yang menggugah rasa nasionalisme kepemudaan yang kini mulai memudar.

Kegiatan Apel Merah Putih turut pula dihadiri Wakil Bupati Kolaka Muh Jayadin, para asisten, pejabat lingkup Pemda Kolaka dan pengurus organisasi masyarakat dengan menggunakan atribut era perjuangan.

Reporter: Sumardin

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.