Sejumlah Kelompok Usaha di Konsel Terima Bantuan

SULTRAKINI.COM: KONAWE SELATAN – Pelatihan Penciptaan Wira Usaha Baru Paket I Tahun 2019 di Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Sulawesi Tenggara turut memberikan sejumlah bantuan kepada peserta yang lulus pelatihan.

Sebanyak 20 orang yang terbagi dalam empat kelompok usaha menerima bantuan sarana prasarana tenaga kerja mandiri. Penyerahan itu dilakukan oleh Bupati Konsel, Surunuddin Dangga di dampingi wakilnya Arsalim Arifin, Kadisnakertrans, Saala, dan Kabag Humas, Gunawan Syah pada Senin (28 Oktober 2019).

Penerima bantuan masing-masing beranggotakan lima orang tersebut bergerak di bisang usaha menjahit dari Desa Wawosu-Kecamatan Moramo, Meubel Kayu dari Wawowonua-Angata, pembuatan jok kursi dari Kelurahan Punggaluku-Laeya, dan kelompok usaha perbengkelan jenis kendaraan roda dua dari Ataku-Andoolo.

Bupati Konsel mengatakan, kebijakan dan strategi bidang ketenagakerjaan Kemenaker RI tahun 2015-2019 adalah mempersiapkan tenaga kerja yang akan memasuki pasar kerja dan meningkatkan akses pekerja kepada sumber daya produktif, melalui peningkatan keterampilan. Harapannya, lapangan kerja bisa tercipta dan mempengaruhi kesejahteraan diri sendiri, keluarga, dan masyarakat.

Tujuan lain dari penyerahan bantuan, lanjutnya adalah implementasi pembangunan daerah yang bertumpu pada pengembangan SDM berkonsep produktivitas, disiplin, efisien, dan efektif.

“Setelah diberikan bantuan dharapkan terbentuk masyarakat produktif terpadu, dan menumbuhkan partisipasi masyarakat dalam dunia usaha/wirausaha, usaha ekonomi kreatif, dan berkembangnya jaringan dan kemitraan sehingga produktivitas masyarakat dan sejahtera menuju Desa Maju Konsel Hebat,” ucapnya.

Kadisnakertrans Konsel, Saala, menerangkan bantuan diserahkan kepada peserta yang dinyatakan lulus selama mengikuti pelatihan dengan indikator penilaian tignkat kehadiran, disiplin, dan partisipasi pada materi pelatihan.

“Adapun materi yang disuguhkan, yakni konsep dasar kewirausahaan, manajemen SDM, SDA, dan keuangan beserta aplikasinya, serta materi teknis sesuai potensi kelompok usahanya. Tujuan untuk menciptakan wirausahawan baru di Konsel,” terangnya.

Laporan: Cr1
Editor: Sarini Ido

beras pokea

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.