Sejumlah Kepala Daerah Buat Komitmen Sultra Bersih dari Sampah

SULTRAKINI.COM: WAKATOBI – Sejumlah kepala daerah di Provinsi Sulawesi Tenggara menandatangani dokumen komitmen pelaksanaan Sultra bersih dari sampah. Hal ini berlangsung dalam peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tingkat provinsi di Kabupaten Wakatobi.

Dibuka Gubernur Sultra, Ali Mazi, pelaksanaan HPSN pada Minggu, 10 Maret 2019 di Wakatobi, dirangkaikan penandatanganan komitmen untuk mewujudkan Sultra bersih dan bebas dari sampah.

(Baca juga: Angin Kencang Porak-porandakan Tenda HPSN Tingkat Provinsi di Wakatobi)

Komitmen ini, ditandatangani sejumlah kepala daerah yang berisi membuat dokumen kebijakan dan strategis daerah pengelolaan sampah di daerah yang dipimpin.

Kemudian, melaksanakan penanganan sampah, yakni pengurangan 30 persen dan penanganan 70 persen target nasional.

Kepala daerah dalam komitmen itu juga berjanji menerapkan kontrol berbudaya lingkungan di lingkungan organisasi perangkat daerah yang dipimpin.

Fortune

“Untuk mewujudkan ini, Pemerintah Sulawesi Tenggara menetapkan kebijakan strategis yang dituangkan dalam program prioritas pembangunan daerah untuk lima tahun kedepan, yaitu program Sultra sehat dan Sultra produktif,” terang Ali Mazi.

Gubernur berharap, para kepala daerah menunjukkan komitmennya dalam mengelola sampah secara terintegrasi, utamanya melalui penerapan pola 3R (Reduce, Reuse, Recycle).

Selain itu, menegaskan kepala daerah membuat suatu peraturan atau regulasi mengelola dan membatasi penggunaan plastik, mengurangi timbunan sampah plastik, dan mencegah terjadinya pencemaran mikro plastik, khususnya daerah yang memiliki aliran sungai.

Dalam komitmen tersebut dibubuhi tanda tangan Gubernur Sultra Ali Mazi, Penjabat Sekda Sultra Sarifuddin Safaa, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Sultra Muh. Hakku Wahab, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sultra Jaya Bakti, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Sultra Ismail Lawasa, Kepala Dinas Kehutanan Sultra Subandrio, Kepala Dinas Penanaman Modal dan PTSP Sultra Masmuddin, Kepala Dinas Kominfo Sultra Kusnadi, Kepala Kesbangpol Sultra Muh. Djudul, Kepala Biro Umum Provinsi Sultra Aslaman Sadik, Ketua DPRD Wakatobi Sudirman A. Hamid.

Ada juga Bupati Wakatobi Arhawi, Bupati Kolaka Ahmad Safei, Bupati Buton La Bakri, Bupati Konawe Kepulauan Amrullah, Wali Kota Kendari Sulkarnain, dan Wakil Wali Kota Baubau La Ode Ahmad Monianse dalam penandatanganan tersebut.

Laporan: Amran Mustar Ode
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.