Sejumlah Massa Gelar Aksi Dukung Percepatan Pelantikan Kery-Gusli

  • Bagikan
Suasana aksi massa Memo di depan kentor KPUD Konawe, Kamis (26/7/2018). (foto: Mas Jaya / SULTRAKINI.COM)
Suasana aksi massa Memo di depan kentor KPUD Konawe, Kamis (26/7/2018). (foto: Mas Jaya / SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KONAWE – Sejumlah massa yang tergabung dalam Masyarakat Pemerhati Demokrasi (Memo) Konawe menggelar aksi unjuk rasa di kantor KPUD Konawe, Kamis (26/7/2018). Demo tersebut merupakan bagian dari dukungan percepatan pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Konawe terpilih, Kery Saiful Konggoasa dan Gusli Topan Sabara.

Koordinator lapangan Memo Konawe, Hiswan Pagala dalam orasinya, mengungkapkan ada empat tuntutan mereka. Pertama, meminta kepada Menteri Dalam Negeri untuk segera menetapkan serta melangsungkan pelantikan kepala daerah Kabupaten Konawe yang terpilih.

Kedua, pihaknya juga meminta kepada Mahkama Konstitusi (MK) agar tidak terinterfensi dalam menangani sengketa Pilkada, serta mengedepankan azas hukum dan keadilan.

Ketiga, meminta KPUD Konawe untuk menetapkan calon Bupati dan Wakil Bupati Konawe terpilih.

“Kamj juga meminta kepada seluruh masyarakat Konawe untuk tetap menjaga stabilitas daerah,” teriak Hiswan.

Menanggapi tuntutan massa aksi, Komisioner KPUD Konawe, Andang Masnur menuturkan, pihaknya belum bisa memberi kesimpulan terkait waktu penetapan calon terpilih. Saat ini, KPUD juga masih menunggu hasil putusan dari MK terkait adanya gugatan dari Pasangan H. Litanto dan Hj. Murni Tombili (Berlian-Murni)

“Terkait kapan penetapannya, kita masih menunggu putusan MK. Apakah nanti hasil Pilkadanya akan dianulir atau menolak gugatan dari pemohon,” terangnya.

Sebagaimana diketahui, pasangan Berlian Murni telah mengajukan permohonan gugatan ke MK. Sesuai agenda yang telah ditetapkan MK, sidang terkait gugatan tersebut akan berlangsung, Jumat besok (27/7/2018)

Laporan: Mas Jaya
Editor: Habiruddin Daeng

  • Bagikan