Sekda Wakatobi: 75 Persen Ikan di Wakatobi Aman Konsumsi

  • Bagikan
Rapat DPRD dan Pemda Wakatobi sehubungan mengatasi isu ikan beracun di daerah tersebut. (Foto: Amran Mustar Ode/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: WAKATOBI – Terkait isu ikan beracun di Wakatobi, Sekretaris Daerah, Muh. Ilyas Abibu mengatakan dari hasil pengamatan secara visual para ahli, 75 persen ikan di Wakatobi tidak beracun atau aman konsumsi.

Namun kepastian 100 persen ikan beracun atau tidak, pihaknya masih menunggu hasil uji laboratorium. Pemda juga bekerjasama dengan laboratotium karantina Baubau dan laboratorium karantina Maros, demi menjawab keresahan masyarakat setempat yang berdampak di ekonomi mereka.

(Baca: Betulkah Ikan di Wakatobi Beracun?)

“Para ahli telah mengambil sampel. Insya Allah selesai lebaran sudah ada. Saya akan desak mereka agar segera dikirimkan hasilnya, supaya kita bisa memberikan jawaban pasti ke masyarakat,” kata Ilyas, Kamis (31/8/2017).

Penekanan untuk segera mensosialisasikan hasil uji laboratorium terhadap sampel ikan di Wakatob, juga diberikan oleh DPRD. “Kalau hasilnya ternyata tidak beracun, maka biar perlu kita buat makan ikan massal di by pass sana, agar masyarakat bisa lebih yakin,” ucap Ketua DPRD Wakatobi, Muhamad Ali.

Laporan: Amran Mustar Ode

  • Bagikan