Iklan Clarion
Festival Pesona Budaya Tua Buton

Sekdin Pariwisata Buton Sesalkan Even Pesona Halo Sultra Tak Dihadiri Pejabat Kementerian

SULTRAKINI.COM: BUTON – Sekretaris Dinas Pariwisata Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara, Rusdi Nudi menyesalkan even Pesona Halo Sultra XI yang terselenggara 23-27 April 2018 di Kota Kendari, tak dihadiri satupun pejabat Kementerian Pariwisata (Kemenpar) RI, hanya staf khusus Sekretaris Kemenpar. Padahal even tersebut digadang-gadang masuk dalam 100 kalender even Wonderful Indonesia.

“Sayangnya sampai pada acara puncak hanya dihadiri oleh staf khusus Sekretaris Kementerian Pariwisata,” kata Rusdi Nudi kepada SultraKini.Com melalui sambungan WhastAppnya, Sabtu (27/4/2018) malam.

Dirinya juga tidak mengetahui pasti apa alasan ketidakhadiran pejabat Kemenpar tersebut. Dia menduga bahwa Pemprov Sultra terkesan memaksakan usulan Halo Sultra masuk dalam 100 kalender Wonderful Indonesia.

“Bisa dibayangkan betapa sepinya sebuah even Halo Sultra ini jika tidak dihadiri oleh 17 kabupaten dan kota, pasti sepi sekali,” ujarnya.

Rusdi justru membandingkan even tersebut dengan Festival Budaya Tua Buton yang telah diselenggarakan sejak 2013 hingga 2017 setiap tahunnya yang dihadiri minimal Deputi, Sekretaris Kementrian, dan Menteri Pariwisata dua tahun berturut-turut sebagai dukungan pemerintah pusat. Dampaknya juga dirasakan masyarakat luas dan disaksikan oleh para peserta Sail Indonesia kapal-kapal yachts.

“Kesimpulannya sebuah kekeliruan provinsi tidak mengusulkan even yang sudah eksis di daerah selama 5 tahun berurut-turut seperti Festival Budaya Tua Buton, seharusnya pemerintah provinsi menambah jumlah even bukan menghilangkan sekaligus menjadi kekuatiran daerah yang baru mengusulkan even untuk bisa diperjuangkan provinsi,” ucapnya.

Belum ada tanggapan dari Pemprov Sultra terkait hal tersebut. Pejabat Gubernur, Teguh Setyabudi belum merespon persoalan tersebut.

 

Laporan: La Ode Ali

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.