Festival Pesona Budaya Tua Buton

Selain Kurma, Wali Kota Kendari Juga Favoritkan Makanan Berbuka Puasa Ini

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Sebelumnya dibahas makanan favorit Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir selama Ramadan. Ternyata, ada lagi makanan lain didoyankan suami Sri Lestari Sulkarnain itu.

Adalah kurma dan jalangkote menjadi sajian favorit Sulkarnain ketika berbuka puasa.

“Bapak (Sulkarnain) sebenarnya fleksibel, apa pun disajikan bapak suka, tapi bapak paling suka kurma juga jalankote,” ucap sang istri, Sri Lestari Sulkarnain kepada Sultrakini.com, Senin (13/5/2019).

Ada juga sajian berbuka puasa dihidangkan ketua TP-PKK Kendari itu untuk disantap bersama keluarga, yakni kolak pisang, cendol, pisang ijo, es buah, dan gorengan.

“Setiap Sabtu insya Allah pasti ada jalankote di rujab, tidak mesti harus Sabtu juga ada hari lain, tetapi di hari Sabtu pasti ada jalankote,” tambah Sri.

(Baca: Wali Kota Kendari Doyan Ikan Kering Saat Ramadan, Intip Menu Lainnya)

Jalankote merupakan kuliner ringan khas Makassar yang bentuknya serupa kue pastel. Bedanya, kulit jalankote lebih tipis. Makanan ini lebih nikmat disajikan dengan olahan cabai rawit cair. Jalankote biasanya berisi tumisan potongan wortel, kentang, bihun dicampurkan bawang merah, bawang putih, merica, dan sedikit garam. Kadang isinya ditambahkan irisan telur rebus atau potongan daging cincang.

Harganya yang ekonomis, membuat jalankote banyak diminati masyarakat, bahkan banyak dijual ketika Ramadan sebagai makanan berbuka puasa. (Adv)

Liputan: Ade Putri
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.