Selama Bertugas di Pemilu, PPK Bawaslu Konkep Dilindungi BPJAMSOSTEK

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Selama menjalankan tugas di pemilihan umum tahun 2020, Panitia Pengawas Kecamatan (PPK) Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Konawe Kepulauan, kini sudah dilindungi dengan jaminan sosial ketenagakerjaan.

Hal tersebut ditandai dengan kerjasama antara Bawaslu Konkep dengan BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) Wilayah Kendari yang ditandai dengan penyerahan kartu kepesertaan di Kantor Bawaslu Konawe Kepulauan, Rabu (5/2/2020).

Perlindungan ini diberikan kepada seluruh Panitia Pengawas Kecamatan se-Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep). Kedepannya akan menyusul pendaftaran untuk komisioner, kantor kesekretariatan, dan pengawas kelurahan hingga pengawas TPS.

Khusus di Sulawesi Tenggara, Bawaslu Konawe Kepulauan menjadi yang pertama dalam memberikan perlindungan bagi para anggotanya. Panitia Pengawas ini sendiri didaftarkan ke dalam dua program yaitu Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Kematian.

Kepala BPJAMSOSTEK Kendari, Muhyiddin, mengaku sangat mengapresiasi kebijakan Bawaslu dan Pemda Konawe Kepulauan yang menyadari pentingnya jaminan sosial ketenagakerjaan bagi seluruh pekerja termasuk perangkat pemilu. Langkah itu diharapkan menjadi pendorong lembaga lain dalam mengikutsertakan tenaga kerjanya ke BPJAMSOSTEK.

“Saya berharap seluruh pekerja formal maupun informal termasuk honorer dan proyek jasa konstruksi di Kabupaten Konkep dapat mengikuti program perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan melalui BPJAMSOSTEK,” katanya.

Sementara itu, Kepala Sekretariat Bawaslu Kabupaten Konkep, Syahrul, mengatakan perlindungan terhadap seluruh anggota unsur pengawas merupakan bentuk apresiasi. Katanya Panwas Kecamatan, PPL dan PTPS memiliki tanggung jawab besar dan harus mendapat perlindungan, dan berkaca dari pengalaman yang menimpa panitia pengawas pada pemilu Pilpres yang pada waktu itu belum terlindungi program BPJAMSOSTEK.

“Sehingga melalui program ini, Bawaslu Konawe Kepulauan dapat mewujudkan rasa aman dan nyaman seluruh pengawas dalam menjalankan tugasnya,” jelas Syahrul.

Laporan: Hasrul Tamrin
Editor: Habiruddin Daeng

beras pokea

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.