Iklan Clarion

Semangat Pemenuhan Kebutuhan Listrik di Buton Terus ‘”Dinyalakan”

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Pemanfaatan tenaga listrik untuk kepentingan masyarakat terus ditingkatkan di Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara. Tercatat dalam kinerja pemerintah tahun 2015, ada 36 persen rumah penduduk yang belum teraliri listrik. Hal itu menjadi pekerjaaan rumah pemerintah, yang menargetkan 2017 mendatang manfaat listrik dapat dirasakan seluruh masyarakat setempat.

Data Dinas Pertambangan Buton tahun 2015, PLN Cabang Baubau belum melayani kebutuhan listrik sebanyak 36 persen atau 7.286 rumah penduduk di 17 desa/kelurahan. Selebihnya, 64 persen atau 13.239 rumah berlistrik di 95 desa/kelurahan di Kabupaten Buton sudah ‘menyala’ (website resmi www.butonkab.go.id).

Sejauh ini, Dinas Pertambangan dan Energi Kabupaten Buton merencanakan pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di sejumlah desa dan kelurahan, seperti di Kecamatan Lasalimu Selatan, Kecamatan Kapontori, Kelurahan Pasarwajo, Desa Todanga, Desa Lawele Dusun Launta Kecamatan Kapontori, Dusun Wapeu, Desa Lasalimu Pantai.

Dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah daerah (RPJM) Pemerintah Kabupaten Buton tahun 2013-2017, juga menetapkan 9 tujuan dan 38 sasaran, dengan rata-rata capaian sasaran kinerja 119,27 persen, termasuk peningkatan pengembangan dan pembangunan pembangkit jaringan listrik dan pembangkit tenaga listrik alternatif.

Laporan: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.