Iklan Clarion

Sempat “Singgah” Dibeberapa Perbankan Sampai Akhirnya Menjabat Kepala OJK Sultra

SULTRAKINI.COM: Setiap perjalanan hidup manusia bagaikan menapaki anak tangga, semakin menuju puncak semakin banyak anak tangga yang harus dilewati. Hal ini yang dialami oleh seorang Fredly Nasution. Untuk meduduki posisi sebagai Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sultra bukanlah hal yang mudah, tetapi juga bukan hal yang mustahil untuk didapatkannya.

Perjalanan kariernya untuk mencapai posisinya saat ini, bisa dibilang dimulai dari angka nol. Kariernya berawal dari bank swasta, Bank Dagang Nasional Indonesia yang terletak di Karawang

selama enam bulan kerja. Berlanjut di Bank Eksim (Ekspor Impor), saat ini sebagai Bank Mandiri selama dua bulan kerja. Ayah dari tiga anak ini mengalami dilema sebab setelah dua bulan bekerja di Bank Eksim, dirinya dinyatakan lulus di Bank Indonesia.

“Waktu itu saya memasukan lamaran disemua bank BUMN yang lagi membuka lowongan, termasuk BI dan pengumumannya beda-beda. Pergolakan batin muncul, saat dinyatakan lulus juga di BI,” kenangnya.

Baca Juga

Tidak ingin salah langkah, anak ketiga dari 8 bersaudara tersebut meminta pendapat orang tua yang pada akhirnya membawa dirinya memilih Bank Indonesia. Meskipun saat ini banyak desas desus, jika karier di Bank Indonesia lebih lambat dibanding Bank Eksim, melihat dari sisi jaringan kantor. Kembali dukungan orang tua dijadikan pegangannya.

Memulai karir perbankan di Bank Indonesia, tidak semudah membalikkan telapak tangan. Karena memilih jalur PCPM (Pendidikan Calon Pegawai Muda) Suami dari Sylvia Novianty ini harus menjalani pendidikan selama kurang lebih satu tahun yang dimulai 1 April 1997 hingga 1 April 1998. Usai masa pendidikan, alumni Unpad ini langsung ditempatkan di KPwBI Banjarmasin sebagai staf kurang lebih 4 tahun, tahun 1988 hingga 2002.

Setelah mendedikasikan diri di Banjarmasin, dirinya dipindah tugaskan di Pekanbaru ditahun 2002 hingga 2010 dan dipromosikan sebagai kepala seksi. Ditahun 2010, ayah dari Ananta Nasution ini kemudian dimutasi ke KPwBI Bandung sebagai Kepala Seksi Pengawas Bank Muda Senior.

Ditahun 2013 akhir, tepatnya tanggal 31 Desember, dirinya ditugaskan di OJK selaku lembaga independent baru yang salah satu tugas dan fungsinya mengawasi perbankan. Dimana sebelumnya, tugas tersebut masih merupakan tanggung jawab BI. Ditugaskan ke OJK, Fredly Nasution mendapatkan promosi jabatan sebagai Kepala Bagian.

Berselang kurang lebih 4 tahun, ditahun 2017 kariernya semakin cemerlang dengan diamanatkan kepadanya sebagai Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sultra, menggantikan Kepala OJK sebelumnya.

Komentar
Loading...