Seribu Pedagang Kaki Lima di Buton Terima Bantuan

SULTRAKINI.COM: BUTON – Sebanyaknya 1.478 paket bantuan dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara dibagikan untuk pedagang kaki lima dan industri kecil menengah terdampak Covid-19.

Penyerahan bantuan Covid-19 berlangsung di aula Kantor Bupati Buton, Kompleks Perkantoran Pemkab Buton, Kecamatan Pasarwajo, Kamis (9/7/2020). Sebanyak 1.000 paket bantuan untuk pedagang kaki lima dan 478 paket untuk pelaku industri kecil menengah.

Koordinator Pendistribusian Bantuan Sembako Provinsi Sultra wilayah Buton, Sachiko Isamu, mengatakan bantuan tersebut berasal dari Pemprov Sultra yang disalurkan melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sultra, berupa sembilan bahan pokok sebanyak 1.478 paket. Ada juga bantuan yang empat wastafel untuk industri kecil menengah dan tiga wastafel untuk ditempatkan di pasar.

“Perlu kami sampaikan jumlah tersebut merupakan jumlah terbesar untuk semua kabupaten se-Provinsi Sulawesi Tenggara,” kata Sachiko, Kamis (9/7/2020).

Kepala Dinas Perindustrian Kabupaten Buton, Sadisu, menambahkan bantuan untuk pelaku industri kecil menengah tersebar di lima kecamatan, yakni Wabula, Pasarwajo, Wolowa, Siotapina, dan Kapuntori. Penyerahannya secara simbolis dilakukan Wakil Bupati Buton, Iis Elianti mewakili bupati.

Menurut Iis, dampak Covid-19 membawa pengaruh besar dalam kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat. Olehnya itu pemberian bantuan merupakan salah satu bentuk dari upaya pemerintah dalam penanganan dampak Covid-19 yang diperuntukan kepada UKM, IKM, pedagang kaki lima, ojek, nelayan, petani, maupun pada masyarakat kurang mampu yang terdampak Covid-19

yamaha

Sebelumnya juga, tepatnya 27 Juni 2020 telah dilaksanakan penyerahan bantuan sembako bagi UMKM, pedagang kaki lima dan pedagang asongan oleh tim gugus anggota pansus DPRD Provinsi Sultra.

“Bantuan tersebut adalah bentuk komitmen dan konsistensi Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara dan Pemerintah Kabupaten Buton dalam upaya memberikan perhatian serius kepada masyarakat terdampak Covid-19,” ucapnya.

Dirinya berharap masyarakat merasa terbantu dengan hadirnya bantuan tersebut, sehingga membantu meringankan beban dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Bantuan juga diharapkan tepat sasaran.

Iis tetap mengingatkan kepada masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan dalam memutus penularan Covid-19.

“Kami atas nama masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Buton menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bapak Gubernur Sulawesi Tenggara atas segala perhatiannya memberikan bantuan kepada masyarakat Buton, khususnya perdagangan kaki lima dan IKM yang terdampak Covid-19,” tambahnya. (C)

Laporan: Aisyah Welina
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.