SUARA

Serius Genjot Pariwisata, DPD Asita Sultra Bentuk 17 DPC

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Upaya meningkatkan sektor pariwisata dan traveling khususnya di wilayah Sulawesi Tenggara, Dewan Pengurus Daerah Asosiasi Biro Perjalanan Wisata Indonesia (DPD Asita) Sultra, diwujudkan dengan membentuk 17 DPC di semua kabupaten dan kota.

Ketua DPD Asita Sultra, Rahman Rahim mengatakan, melihat begitu besar gawean DPD Asita di Indonesia dalam peningkatan sektor pariwisata dan traveling, dianggap perlu dibentuk DPC sebagai perwakilan setiap daerah dalam peningkatan dua sektor tersebut. 

Lebih lanjut, Rahman menjelaskan, sebagai lembaga yang membawahi lima perusahan besar antara lain, Perusahan Haji, Tour, Umroh, Travel Agencies (Penjual tiket) dan Perusahaan Mice, maka dengan hadirnya 17 pengurus DPC nantinya bisa menjadi perpanjangan tangan DPD untuk merumuskan konsep pengembangan sektor pariwisata bersama pemerintah daerah.

“Rencana tanggal 14 Februari mendatang akan melaksanakan rapat kerja daerah yang pertama, sekaligus akan melantik karateker 17 kabupaten/kota. Nah, dengan adanya pengurus dalam artian pelaksana tugas DPC ini akan merumuskan bagaimana peningkatan sektor pariwisata di daerahnya, karena DPD tidak akan mungkin bisa kafer seluruh daerah di Sultra,” jelas Rahman Rahim, Jumat (2/2/2018).

Selain itu, alasan terbentuknya DPC di 17 kabupaten/kota ini, kata Rahman, karena rata-rata setiap daerah seperti Muna, Kolaka, Baubau dan daerah lain yang sudah memiliki penerbangan akan meningkat sektor travel agencies khususnya agen perjalanan wisata (APW), yang paling utama tujuannya ingin membesarkan Biro Perjalanan Wisata (BPW) yang gaweannya tour atau umroh.

yamaha

“Kita punya potensi destinasi pariwisata di Sultra sangat begitu besar di 17 kabupaten/kota, tetapi kemudian kalau kita punya paket tour atau daerah yang begitu indah tidak bersama pemerintah dikelolah pastinya agak susah kalau larinya sama pengurus daerah,” kata Rahman.

Di Sultra begitu banyak pulau, setiap saat DPD melewati tiap agenda penting. Dengan terbentuknya DPC akan memudahkan koordinasi DPD dalam upaya peningkatan sektor-sektor tersebut.

Bahkan dalam rangka meningkatkan sektor-sektor tersebut, keseriusan DPD Asita akan mengundang tiga bakal calon gubernur untuk mengetahui langsung langkah-langkah strategis dan permasalah yang menjadi gambaran dalam peningkatan sektor pariwisata di Sultra.

“Dalam pelantikan pengurus DPC nanti, kami akan langsungkan dengan bimbingan teknis, dalam hal itu juga akan kami hadirkan tiga calon gubernur untuk membedah permasalahan apa yang menjadi masalah dalam peningkatan sektor pariwisata dan traveling itu sendiri,” pungkasnya.

Laporan: Hasrul Tamrin

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.