Serunya Lomba Tangkap Tikus di Konawe, Puluhan Warga Berpastisipasi

SULTRAKINI.COM: KONAWE – Lomba tangkap tikus yang berlangsung di Desa Puday, Kecamatan Wonggeduku Barat, Kabupaten Konawe berlangsung seru, Selasa (8/8/2017).

Meski tergolong menjijikan karena harus menangkap tikus dengan tangan kosong, namun ada puluhan warga ikut berpartisipasi dalam ajang unik tersebut. Tiap tikus yang berhasil ditangkap bakal dibayar Rp 5 ribu oleh panitia.

Panitia Lomba, Aswan menuturkan, jika ajang tersebut bertujuan untuk membangkitkan semangat gotong-royong warga. Selain itu juga untuk mengurangi populasi hama tikus menjelang musim tanam baru.

“Kegiatan ini juga kami selenggarakan dalam momentum peringatan hari proklamasi kemerdekaan,” jelasnya.

(Baca: Unik, Petani di Konawe Helat Lomba Tangkap Tikus)

gemilang simpeda bank sultra

Sementara itu Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Konawe, Syahrudin mengapresiasi kegiatan itu karena baru pertama dilakukan di Konawe. Ia berharap, ide kreatif itu bisa ditiru masyarakat di kecamatan lainnya.

“Ini adalah contoh yang baik dan bisa ditiru masyarakat Konawe,” terangnya.

Pada kegiatan tersebut, hadir juga Kepala Balai Proteksi Tanaman Pangan (BPTP) Sultra, Setianingsih Mangidi. Ia juga mengapresiasi aksi positif tersebut. Wanita berjilbab ini menyebut jika lomba pemberantasan hama merupakan bagian dari kemajuan pertanian.

“Hal ini juga termasuk dalam upaya khusus dalam meningkatkan hasil pertanian,” tandasnya.

Laporan: Mas Jaya

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.