Festival Pesona Budaya Tua Buton

Sesar Lawanopo Kembali Beraktivitas, Kolaka Utara Diguncang Gempa Magnitudo 3,6

SULTRAKINI.COM: Sesar Lawanopo kembali beraktivitas yang berakibat gempa bermagnitudo 3,6 pada Rabu (16/1/2019) pukul 16:24:14 Wita. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mendata, gempa terletak di jarak 10 km arah selatan Kecamatan Tolala, Kabupaten Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara.

Gempa terjadi di kedalaman 10 km yang dikategorikan gempa dangkal akibat aktivitas Sesar Lawanopo.

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan gempa di wilayah darat di sebelah selatan Kecamatan Tolala, Kabupaten Kolaka Utara ini dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan dari struktur sesar mendatar dengan arah pergerakan mengiri.

“Sebelumnya kejadian gempabumi ini terjadi 2 gempa pada pukul 06:30:08 Wita dengan M (magnitudo) 3,0 dan 10:39:25 Wita M= 3,5,” jelas Kepala Stasiun Geofisika Kendari, Rosa Amelia, S.Si dalam keterangan tertulisnya, Rabu (16/1).

(Baca: Kolaka Utara Kembali Diguncang Gempa)

Hingga kini, belum ada laporan dampak kerusakan akibat gempa tersebut.

Hasil permodelan menunjukkan gempa tidak berpotensi tsunami.

“Hingga pukul 16.53 Wita, hasil monitoring BMKG menunjukkan belum terjadi aktivitas gempa susulan. Masyarakat diimbau tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” ujarnya.

Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.