Setelah Viral, Ketua Jurusan: Sanksi akan Dikoordinasikan ke Fakultas, Pengurus HMJ Minta Maaf

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Setelah beredarnya video yang mempertontonkan aksi kekerasan mahasiswa senior dari jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Halu Oleo (UHO) kepada ma ::hasiswa juniornya angkatan 2020 berlandaskan kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK), Ketua Jurusan (Kajur) Pendidikan Ekonomi turut menanggapi permasalahan tersebut.

“Legalistas formal mereka ada diluar izin pihak keamanan, nah penyampaian mereka (panitia) kepada saya bahwa mereka mendapatkan surat pemberitahuan pada Polsek Abeli dan Polsek Abeli justru mengamankan kegiatan itu. Dan juga saat itu ada Satpol PP menurut mereka dan ada juga pihak dari keamanan,” ujar Edy Karno, Ketua Jurusan Pendidikan Ekonomi FKIP UHO, Selasa (2/2/2021).

(Baca juga: Video Viral: UHO Sebut Kegiatan Tidak Diketahui Kampus, Polda Sultra Ikut Selidiki)

Edy Karno juga mengatakan terkait pemberian sanksi bagi pelaku pelaksana kegiatan LDK tersebut masih akan dilakukan koordinasi lebih lanjut ditingkat fakultas. 

“Tingkatan kesalahan itu harus dilihat dulu, setelah itu kemudian mungkin ada teguran sampai kemana itu, nanti kita putuskan secara bersama-sama. Jurusan hanya memberi input kepada fakultas seperti apa proses kegiatan ini dan tingkat kesalahan apa yang dilakukan oleh anak-anak mahasiswa kami di jurusan,” ujarnya.

Kata dia, atas peristiwa itu pihak jurusan  dan kampus sudah melakukan pemanggilan terhadap mahasiswa yang terlibat baik sebagai pelaksana kegiatan  maupun peserta kegiatan mahasiswa baru angkatan 2020 untuk dimintai keterangan. 

Ketua HMJ Pendidikan Ekonomi, Ilo Saputra, atas kejadian tersebut menyampaikan klarifikasi dan permohonan maaf atas ketidak nyamanan dalam video yang telah beredar agar tidak disalah artikan.

“Dengan ini saya sampaikan permohonan maaf kepada pihak publik, media sosial, terkait video viral yang tersebar terkait kegiatan yang dilakukan oleh HMJ Pendidikan Ekonomi, perlu diketahui bahwa kegiatan itu adalah kegiatan yang semata-mata bukan untuk mencederai adik-adik, akan tetapi kegiatan itu adalah untuk membentuk mental adik-adik,” ucap Ilo.

Ketua Panitia (kiri) LDK dan Ketua HMJ (kanan) Pendidikan Ekonomi FKIP UHO, (Foto: Mahatma Adnan Nuari/SULTRAKINI.COM)
Ketua Panitia (kiri) LDK dan Ketua HMJ (kanan) Pendidikan Ekonomi FKIP UHO, (Foto: Mahatma Adnan Nuari/SULTRAKINI.COM)

Sementara itu, Ketua Panitia Kegiatan LDK Jurusan Pendidikan Ekonomi Sahdan, menyampaikan kepada penonton video viral yang beredar untuk tidak melihat dan menanggapi langsung secara negatif.

“Kepada teman-teman yang sudah melihat video itu jangan disalah artikan, karna video yang beredar hanya sepotong dari kegiatan yang kami lakukan, jadi jika video itu dinonton hanya sepotong seperti itu artinya itu bukan bagian dari semua kegiatan,” tuturnya. (B)

Laporan: Mahatma Adnan Nuari
Editor: Hasrul Tamrin

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.