SULTRAKINI.COM: KONAWE - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Konawe, Sulawesi Tenggara, menggelar simulasi penanganan bencana, Selasa (12/12/2017). Kegiatan tersebut, digelar dalam rangka menyiagakan Pemda Konawe dalam menghadapi bencana daerah.

Siaga Bencana, BPBD Konawe Gelar Simulasi
Suasana gladi simulasi penanganan bencana oleh sejumlah elemen di Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara. (Foto: Mas Jaya/SULTRAKINI.COM)

Simulasi penanganan bencana diiikuti sejumlah stakeholder terkait, diantaranya, TNI, Polri, Satpol PP dan Damkar, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, Rumah Sakit, Palang Merah Indonesia, perwakilan Lembaga Swadaya Masyarakat, Pramuka, mahasiswa, dan masyarakat umum.

Kepala BPBD Konawe, Jahiuddin menuturkan simulasi kali ini lebih fokus ke penanganan bencana banjir. Sebab, Konawe merupakan daerah yang rawan bencana banjir. Dijelaskannya, cara kerja dari tim penanggulangan bencana di Konawe, ketika terjadi banjir pihak BPBD akan langsung memerintahkan Tim Reaksi Cepat (TRC) turun melakukan identifikasi lapangan.

Hasil tersebut kemudian dilaporkan ke pimpinan daerah yang meliputi, bupati, wakil bupati atau sekretaris daerah. Pimpinan daerahlah yang kemudian mengeluarkan Surat Keputusan (SK) darurat bencana. Selanjutnya, TRC akan turun mendirikan posko terpadu di lokasi bencana.

"Hari ini adalah gladi bersih dari simulasi tersebut. Besok (13/12/2017) adalah simulasi resminya. Insya Allah akan dihadiri pimpinan daerah," tandasnya.


Laporan: Mas Jaya

Tanggapan Anda?

Facebook Conversations