Festival Pesona Budaya Tua Buton

Siaga Bencana, Dua Desa di Buton Dapat Dana Rp 7 Miliar

SULTRAKINI.COM : BUTON – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Buton tahun ini mengusulkan dana Kontijensi bencana ke Pemerintah Daerah (Pemda ) Buton melalui APBD sebesar Rp 7 miliar.

 

Kepala BPBD Kabupaten Buton, Joni Rasyid ketika ditemui dikediamannya di Baubau, Rabu (20/4/2016), mengatakan, dana tersebut akan digunakan untuk masyarakat di Desa Wakalambe dan Mabulugo Kecamatan Kapontori pasca di tetapkan sebagai daerah tanggap darurat bencana 5 April 2016 lalu.

 

Joni menjelaskan, alasan ditetapkannya kedua desa tersebut sebagai daerah tanggap darurat bencana oleh Pemda Buton melalui BPBD karena setiap kali terjadinya banjir wilayah itu terdampak paling parah, mengakibatkan rusaknya Talud Kali dan lingkungan pemukiman penduduk.

 

\”Kan setiap kali banjir deras itu selalu menimbulkan banjir yang tidak menentu dan keresahan masyarakat secara ekonominya, juga mengganggu pemukiman warga dan rusaknya Talud Kali,\” jelas Joni.

 

Usulan dana kontijensi tersebut lanjut dia, sudah disepakati oleh pemerintah setempat, dan hanya tinggal menunggu tanda tangan dari Bupati Buton,Samsu Umar Abdul Samiun SH, selanjutnya diteruskan ke Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) untuk mendapatkan tambahan dana.

 

\”Selain itu akan kami surati ke BNPB pusat untuk meminta tambahan dana dalam hal ini untuk membiayai penetapan kegiatan tanggapa darurat bencana,\” bebernya.

 

Dia berharap Pemda Buton bisa selalu memberi dukungan kepada BPBD dalam hal siaga darurat bencana, maupun tanggap darurat untuk menjaga dan masyarakat khususnya masyarakat Kabupaten Buton dari bencana yang terjadi.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.