Siap Daftar di KPU, Paslon HALO Wakatobi Boyong Delapan Parpol

  • Bagikan
Balon bupati Wakatobi, Arhawi. (Foto: Amran Mustar Ode/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: WAKATOBI – Bakal calon bupati dan wakil bupati Wakatobi, Arhawi-Hardin La Omo memboyong delapan partai politik menuju Pilkada 2020. Dengan dukungan itu, paslon tinggal mendaftar di Kantor KPUD Wakatobi.

Delapan parpol pengusung pasangan akronim HALO Wakatobi ini, lima partai di antaranya memiliki kursi di DPRD, yakni Golkar, Demokrat, Gerindra, PAN, dan Hanura. Sementara pendukung partai lainnya tidak memili kursi di DPRD, yaitu PKS, PKB, dan Partai Berkarya.

Arhawi mengatakan dari semua parpol pendukungnya-tinggal Partai Hanura belum memberikan B1-KWK.

“Tinggal Partai Hanura saja belum serahkan B1-KWK. Tapi kita komonikasi terus. Insya Allah hari ini Hanura berikan, paling lambat besok,” jelasnya, Rabu (3/9/2020).

Terkait waktu pendaftaran di KPUD, pihaknya belum menentukan jadwal pasti. Pihaknya akan terlebih dahulu berkoordinasi dengan pihak KPUD Wakatobi agar hari pendaftaran nantinya tidak bertabrakan dengan paslon lain.

“Insya Allah sebentar malam baru kita rapatkan dan akan diputuskan kira-kira hari apa,” ucapnya.

Pihaknya juga telah menyiapkan semua persyaratan calon kepala daerah sebagai bukti administrasi ketika mendaftar. “Jadi persyaratan yang disyaratkan oleh KPUD agar pasangan calon melakukan rapid test itu juga sudah dilewati dan tinggal menunggu hasilnya,” tambahnya.

Partai koalisi paslon HALO Wakatobi memiliki dukungan 16 kursi di DPRD Wakatobi dengan rincian, sembilan kursi dari Partai Golkar, dua kursi dari Partai Demokrat, dua kursi dari PAN, dua kursi dari Hanura, dan satu kursi dari Partai Gerindra.

Sementara rivalnya, Haliana-Ilmiati Daud diprediksi akan memboyong tiga parpol yang memiliki kursi di DPRD Wakatobi, yaitu PDIP, Nasdem, dan PBB. Sementara partai pendukungnya yang tidak memiliki kursi di DPRD Wakatobi, yaitu Partai Perindo. (B)

Laporan: Amran Mustar Ode
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan